Didemo Puluhan Massa di Pengadilan Negeri Padang, Begini Respons Wabup Pessel

Wabup Pessel, Rusma Yul Anwar saat menyambangi perserta demo mengaku mahasiswa tanpa almamater di PN Kelas 1 A Padang
Wabup Pessel, Rusma Yul Anwar saat menyambangi perserta demo mengaku mahasiswa tanpa almamater di PN Kelas 1 A Padang (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Didemo puluhan massa, Wakil Bupati Pesisir Selatan , Rusma Yul Anwar menyambangi peserta aksi dengan wajah tenang tanpa beban di Pengadilan Negeri (PN) Padang, Kamis 9 Januari 2020.

Perserta demo yang mengaku dari Aliansi Mahasiswa Pencinta Lingkungan Sumbar dan Forum Masyarakat Pecinta Lingkungan Sumbar terbagi dua kelompok. Saat itu massa menutut terdakwa kasus kerusakan ini agar dihukum seadil-adilnya.

baca juga: Pelajaran Tatap Muka Segera Dimulai, Disdik Pessel Minta Sekolah Siapkan APD

Massa ini beraksi pada agenda pembacaan tuntutan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dijadwalkan Kamis ini. Namun, karena hakim ketua berhalangan, sidang-pun ditunda hingga 23 Januari 2020.

Pada kesempatan itu, orang nomor 2 di Pesisir Selatan ini mencoba menyambangi di tengah peserta aksi. Namun, sebagian peserta aksi yang tidak menggunakan almamater tersebut tampak tak mengenal orang yang didemonya.

baca juga: Ekspos Keindahan Alam Pessel, Ikatan Mahasiswa IV Jurai UIN IB Jelajah Air Terjun Serasah Talang Lumpo

Rusma Yul Anwar-pun tampak menanggapi dengan tenang dan santai. Ia mengaku sangat paham dengan apa yang dilakukan para pedemo. Mungkin saja, katanya, pendemo sedang menggunakan saluran demokrasi.

"Saya hormati itu, dan saya sedang memberi contoh, bahwasannya perbedaan pandangan tidak membuat kita harus bertengkar. Sebab, hukum akan berjalan sesuai fakta-nya," terangnya kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: Jelang Idul Adha, Pemkab Pessel Tegaskan Hal Ini Terkait Pemotongan Hewan Kurban

Dalam aksi tersebut, massa mulai beraksi di PN Padang sekitar pukul 10.00 WIB, dan berakhir sekitar pukul 11.25 WIB dalam pengawalan ketat polisi. (*)

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera