Gempa 5,9 SR Guncang Bengkulu

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang sebagian wilayah di Provinsi Bengkulu, Minggu, 10 April 2016 pagi.

Dinukil dari laman bmkg.tgo.id, gempa yang terjadi tepat pada pukul 09:14:33 WIB itu, berkedalaman 16 Km dan tidak berpotensi tsunami. Lokasi gempa berada 61 kilometer Barat Daya Kota Bengkulu, atau 4,32 Lintang Selatan dan 102,09 Bujur Timur.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Fatmawati, Anjasman mengatakan, sesaat setelah gempa terjadi, masyarakat diimbau agar mewaspadai adanya kemungkinan terjadinya gempa susulan.

"Untuk kekuatan gempa dan kapan gempa susulannya kita juga belum tahu, sedang dianalisa. Jadi, masyarakat diminta untuk waspada," katanya.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Guncangan gempa hampir dirasakan oleh sebagian daerah di Bengkulu. Seperti di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan sebagian wilayah Kabupaten Seluma serta Bengkulu Utara.

Purwandi, salah seorang warga Kota Bengkulu mengatakan, gempa terasa cukup kuat, sampai mengguncang bangunan rumahnya tetapi tidak merusak bangunan. "Kami sekeluarga dan tetangga lainnya sempat cemas begitu terjadinya gempa ," ujarnya.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

Penulis: Riki