Sestama BKKBN: Persiapan Harganas 2020 Telah Rampung 80 Persen

Pertemuan di Rumah Dinas Wako Padang membahas tentang Jambore Nasional Kampung KB dalam Peringatan Harganas XXVI dan Hari Anak Nasional 2020, Jumat (10/01)
Pertemuan di Rumah Dinas Wako Padang membahas tentang Jambore Nasional Kampung KB dalam Peringatan Harganas XXVI dan Hari Anak Nasional 2020, Jumat (10/01) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana ( BKKBN ) Nofrijal mengungkapkan persiapan menuju Harganas telah rampung 80 persen setelah dibahas dari berbagai hal, seperti lokasi, logo rangkaian kegiatan dan lainnya.

"Seperti yang sebelumnya telah diketahui, Harganas tahun 2020 ditetapkan diselenggarakan di Sumbar, tepatnya di Kota Padang. Nantinya ada beberapa rangkaian kegiatan sehingga penyelenggaraannya akan berlangsung selama tiga hari yaitu pada 8-11 Juli 2020 di Lapangan Imam Bonjol Padang. Bahkan hari puncaknya pada 11 Juli 2020 akan digabung dengan peringatan Hari Anak Nasional yang pada rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo," ujar Nofrijal usai memimpin pertemuan mengenai Jambore Nasional Kampung KB dalam Peringatan Harganas XXVI dan Hari Anak Nasional 2020 bersama Walikota Padang yang diwakili oleh Wawako Padang Hendri Septa di Rumah Dinas Wako Padang, Jumat (10/01).

baca juga: Peduli Generasi Muda, Fadly Amran dan Dian Puspita Raih ABG Award 2020

Melalui pertemuan tersebut, ia memaparkan apa saja persiapan yang telah dilakukan BKKBN Sumbar dan Pusat. Disampaikannya ada banyak pembahasan dan perubahan yang dilakukan sebelum diadakannya pertemuan hari itu, baik itu penetapan maskot Harganas 2020 dengan nama "Si Hasa", lokasi ayang berubah dan tanggal pelaksanaan yang disesuaikan dengan kegiatan Nasional lainnya yang diselenggarakan di Sumbar dalam waktu yang berdekatan.

Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi dan kesiapan dan kesigapan Pemprov Sumbar dan Pemko Padang yang turut serta membantu untuk mensukseskan persiapan Harganas 2020. Disampaikannya, Harganas 2020 mengusung tiga tema lokal yakni Keluarga Beragama, Keluarga Berbudaya dan Keluarga Produktif.

baca juga: Wawako Solok Terima Anugerah Ayah GenRe Sumbar 2020

Selain itu, ia juga memaparkan apa saja hal menarik dan berbeda yang ditampilkan pada Harganas 2020 di Kota Padang. Ada sembilan hal yang spesial yakni Jambore Nasional Kampung KB (Keluarga Berkualitas), Terintegrasi dengan Hari Anak Nasional 2020, Peringatan ke-50 BKKBN dengan penyerahan 10 pin emas Anniversary, Puncak peringatan Hari Kepependudukan Dunia (Word Population Day) tanggal 11 Julidengan tamu negara-negara Selatan yang tergabung dalam Population Partners and Developments (PPD), Kepedulian "Urang Rantau" dan CSR pihak swasta, hitung mundur 365 hari menuju puncak peringatan Harganas ke-27 tahun 2020, Presiden satu panggung dengan penerima manfaat dan pahlawan pejuang keluarga berencana Indonesia, Menampilkan kebolehan seni dan tari anak-anak jalanan dan berkebutuhan khusus, Launching sinetron pembuatan film kembali ke meja makan dengan judul "Dunia Dinda", dan Disediakannya seluruh informasi mengenai Harganas yang bisa didapatkan di playstore.

"Kita telah melakukan sosialosasi besar-besaran baik itu melalui media elektronik, koran, televisi dan radio sehingga seluruh masyarakat mengetahui tentang kegiatan Harganas 2020 di Kota Padang. Bahkan stiker-stiker tentang Harganas yang disponsori Bank Nagari juga sudah ditempelkan di rumah warga Kampung KB. Karena selama ini peringatan Harganas hanya diketahui oleh para pejabat saja, padahal acaranya bukan acara pejabat tapi untuk masyarakat. Mari kita tunjukkan bahwa Harganas bukan kegiatan pejabat," Katanya lagi.

baca juga: Kunker ke 50 Kota, BKKBN Sumbar Kenalkan Rebranding Bangga Kencana dan GDPK

Sementara itu, Wawako Padang Hendri Septa yang juga mengikuti rapat pembahasan persiapan Harganas 2020 mengungkapkan rasa terima kasih karena telah mempercayakan iven nasional itu di selenggarakan di Kota Padang.

Selain itu disampikannya, bahwa daerahnya telah siap untuk membantu dan mansukseskan terselenggaranya acara tersebut.

baca juga: Masyarakat Sumbar Selalulah Pakai KB Selama Pandemi COVID-19!

"Insya Allah Kota Padang siap dan harus siap untuk mensukseskan penyelenggaraan Harganas 2020. Apalagi pada kegiatan tersebut juga peringatan Hari Anak Nasional juga diperingati berbarengan dengan Harganas 2020," katanya saat ditemui usai mengikuti rapat persiapan iven tersebut.

Ia menyampaikan, Kota Padang telah tiga kali berturut-turut menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya Harganas 2020 di Sumbar dan ditetapkan Kota Padang sebagai tuan rumahnya, hal itu membuat Pemko Padang termotivasi untuk membuktikan bahwa Kota Padang layak sebagai Kota Percontohan untuk Pilot Project Pembinaan Keluarga dan Kota Layak anak.

Selain itu, program 1821(program penguatan anak-anak dan keluarga agar berada di rumah mulai pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB) telah dilaksanakan Kota Padang selama tiga tahun juga telah membuahkan hasil. Sehingga pada 2019 lalu, Pemko Padang telah memberangkatkan umroh 3 keluarga yang telah melakukan pengimplementasian program ketahanan keluarga itu.

Hal itu menunjukkan bahwa Kota Padang serius untuk menjadikan Kota Padang sebagai kota layak anak dan kota yang menciptakan keluarga yang sakinah. Sehingga hal itu dapat menjadikan Kota Padang sebagai kota percontohan bagi kota lainnya di Indonesia terkait hal tersebut.

"Dengan Harganas dan Hari Anak Nasional 2020 dan beberapa iven lainnya yang turut serta meramaikan, ini adalah momentum yang tidak boleh disia-siakan karena datangnya kesempatan itu sekali. Sekali dilaksanakan namun berarti," tuturnya.(*)

Penulis: Khadijah