Pemko Payakumbuh

Tak Penuhi Target 2019, Target PAD Parkir Payakumbuh Malah Meningkat

Salah satu titik parkir di Kota Payakumbuh.
Salah satu titik parkir di Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Target Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Kota Payakumbuh dari parkir yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) mengalami peningkatan dari Rp1,9 miliar menjadi Rp2,1 M.

"Untuk 2019 target PAD kita dari parkir itu Rp2,1 M dan realisasinya itu sekitar Rp1,93 M. Sedangkan untuk tahun ini, target meningkat menjadi Rp2,4 M," kata Kepala Dishub Kota Payakumbuh , Adrian saat ditemui, Senin 13 Januari 2020.

baca juga: Pemko Payakumbuh Targetkan Vaksinasi Terhadap 1.000 Warga Per Hari

Dia menyebut, sampai sejauh ini terdapat sebanyak 25 titik yang dikelola langsung oleh Dishub. Lokasi parkir itu akan coba dimaksimalkan pihaknya untuk mencapai target PAD yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Payakumbuh 2020.

"Sebenarnya masih ada beberapa titik parkir lain di Payakumbuh . Seperti di RSUD Adnan WD dan RS Yarsi. Tapi lokasi tersebut dikelola langsung oleh pihak rumah sakit. Lokasi parkir lain terdapat di Pasar Ternak dan itu dikelola langsung oleh Dinas Pertanian," jelasnya.

baca juga: Siswa SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah Raih Emas Popda Sumbar

Menurut Adrian, naiknya target PAD parkir untuk 2020 akan coba disiasati pihaknya dengan mencari titik-titik lahan parkir baru yang mungkin bisa dimanfaatkan.

"Yang paling penting, titik parkir itu tidak mengganggu arus lalu lintas. Salah satu lokasinya yang sudah ada kita lihat adalah yang di depan RSUD Adnan WD, kalau di dalam oleh RS tapi di depan kita akan ambil alih, karena ini bersangkutan dengan kelancaran lalu lintas dan pihak RS juga menyambut baik rencana itu," terangnya.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Adrian juga mengimbau kepada warga Kota Payakumbuh ataupun pengunjung dari daerah lain untuk bisa parkir di titik yang sudah disedikan.

"Kita baru dapat surat dari Kapolres, pihak kepolisian sangat respon terkait ketertiban lalu lintas. Salah satunya terkait parkir yang tidak pada titik yang sudah ditentukan," pungkasnya. (*)

baca juga: Dorong UMKM Bangun Brand Bersama, Menkop UKM Contohkan Produksi Rendang di Payakumbuh

Penulis: Taufik Hidayat