Anggaran Terbatas, Ini Cara KPU Solsel Sosialisasikan Pilkada 2020

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih partisipasi masyarakat dan SDM KPU Solsel Andi Irawan Paparkan tahapan pilkada kepada Wali Nagari se Kecamatan Sangir di Padang aro, Rabu.
Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih partisipasi masyarakat dan SDM KPU Solsel Andi Irawan Paparkan tahapan pilkada kepada Wali Nagari se Kecamatan Sangir di Padang aro, Rabu. (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Solok Selatan mulai sosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

"Hari ini kita lakukan Sosialisasi Tahapan Pilkada kepada Walinagari dan Kepala Jorong se Kecamatan Sangir,"Kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih partisipasi masyarakat dan SDM KPU Solsel Andi Irawan di Padang aro, Rabu (15/1/2020).

baca juga: Pilkada Tak Ditunda, Pemerintah Akan Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Ditempat yang sama Komisioner KPU Solsel Divisi Program Data dan Informasi Sastria Nofrita mengungkapkan Keterbatasan anggaran tidak menyurutkan niat Komisi tersebut untuk tetap sosialisasikan tahapan pilkada 2020.

"Anggaran memang terbatas, tetapi kami memiliki trik agar semua tahapan tetap tersosialisasikan kepada masyarakat,"ujarnya.

baca juga: KPU Tetapkan Tiga Pasangan Calon di Pilkada Solsel

Dalam melakukan sosialisasi ujarnya, tidak mesti pakai uang perjalanan dinas yang penting niat untuk melaksanakan tugas secara maksimal.

"Jika kami di undang untuk menghadiri kegiatan baik di kecamatan maupun Nagari, kami minta waktu 5-10 menit untuk melakukan sosialisasi,saat ke pasar kami sebar selebaran tahapan Pilkada ,"ungkapnya.

baca juga: Sempat Tertunda, KPU Kota Solok Tetapkan Zul Elfian - Dhani Sebagai Calon di Pilkada 2020

Hal itu katanya, karena Pilkada adalah pesta demokrasi bersama dan untuk kepentingan bersama.

"Anggaran Pilkada kami ajukan Rp26 miliar, yang disepakati Rp16 miliar, akibatnya banyak kegiatan yang di pangkas," ujarnya.

baca juga: Usai Sembuh dari COVID-19, Wako Solok Rakor Bersama OPD

PJ Wali Nagari Persiapan Lubuk Gadang Barat Daya Arnaldo mengatakan sosialisasi tahapan pilkada oleh KPU sangat penting dilakukan.

"DPT misalnya, warga kami masih banyak yang belum memiliki e-KTP, diharapkan ada sosialisasi dari KPU sehingga masyarakat kami tetap dapat memilih seperti Kepala Daerah mereka", katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Ramadhani