ini Tanggapan Dewan Terhadap Lima Ranperda Usulan Pemkab Tanah Datar

Juru Bicara Fraksi Hanura Wadra Wati memyampaikan pandangan umum
Juru Bicara Fraksi Hanura Wadra Wati memyampaikan pandangan umum (irfan taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Delapan fraksi DPRD Tanah Datar memberikan tanggapan atas lima Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda ) yang diajukan pemerintah daerah setempat.

Dalam rapat paripurna dewan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Anton Yondra, delapan juru bicara fraksi yang menyampaikan tanggapan adalah Fraksi PKS Abu Bakar, PAN Zulli Rustam, Gerindra Afrizal Datuk Rajo Lenggang, PPP Zulhadi, Demokrat Eri Hendri, NasDem Nova Hendria, Fraksi Perjuangan Golkar Syafrudin Datuk Marajo dan Hanura Wadra Wati.

baca juga: Ini Jumlah DPS di Tanah Datar

"Kami meminta agar setiap OPD terkait untuk dapat melakukan dengar pendapat dengan tokoh masyarakat terhadap penamaan nama jalan dan sarana umum," ucap Juru Bicara Fraksi PKS Abu Bakar, Kamis 16 Januari 2020.

Selain itu, Abu Bakar juga menanyakan sejauh mana pelaksanaan tugas dan fungsi PDAM Tirta Alami dalam memberikan pelayanan kebutuhan air bagi masyarakat serta kemampuan untuk lakukan inovasi terhadap peningkatan layanan kepada masyarakat.

baca juga: Jenazah Bupati Irdinansyah Tarmizi akan Dikebumikan di Lintau

Sementara Juru Bicara Fraksi Perjuangan Golkar Syafrudin Datuk Marajo menanggapi terkait Perusda Tuah Sepakat diminta keterangan tentang bidang usaha yang dilaksanakan, jajaran pengurus serta besar kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanah Datar .

Dalam Ranperda Aset Daerah, Syafrudin meminta OPD terkait untuk menginventarisir apa saja yang menjadi aset serta penggunaannya apakah sesuai peruntukannya.

baca juga: Profil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi yang Meninggal Dunia

Dan tentang Ranperda kesejahteraan sosial perlu diketahui tentang kondisi kesejahteraan sosial di Tanah Datar , langkah-langkah peningkatan dan perhatian terhadap fenomena kehidupan sosial di masyarakat Tanah Datar .

Juru Bicara Fraksi PPP Zulhadi menyampaikan harapannya, Ranperda yang akan menjadi Perda diharapkan melahirkan produk hukum untuk menata dan mengatur pemerintahan dalam melaksanakan program dan pembangunan di Tanah Datar .

baca juga: Bertambah 13 Kasus, Positif COVID-19 Tanah Datar Total Jadi 167

"Harapan kami, akan lahir lima Peraturan Daerah ini yang akan menjadikan acuan dan kekuatan hukum pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Hadir pada rapat dewan tersebut Ketua DPRD Rony Mulyadi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Forkopimda, Sekwan Elizar, Kepala OPD, Camat dan wali nagari se- Tanah Datar . (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri