17 Grup Ikuti Sawahlunto Festival Randai 2016

Sawahlunto Festival Randai 2016 tingkat Sumbar diikuti 17 grup.
Sawahlunto Festival Randai 2016 tingkat Sumbar diikuti 17 grup. (Humas Sawahlunto)

SAWAHLUNTO , HALUAN -- Tidak kurang dari 17 grup randai yang berasal dari 15 kabupaten dan kota, unjuk kemampuan dalam Sawahlunto Randai Festival 2016, tingkat Sumatera Barat, yang digelar di Terminal Talawi, Sawahlunto , mulai Jumat (19/8).

Festival yang digelar selama tiga hari itu, merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan Sawahlunto Randai Festival 2016 tingkat Sawahlunto , yang sebelumnya dilaksanakan April 2016 silam.

baca juga: Kemenag Sawahlunto Gelar Lomba Tahfidz untuk Pelajar SD sampai SMA

“Kali ini, Sawahlunto kembali menggelar randai festival untuk tingkat Sumbar, dengan melibatkan 15 kabupaten dan kota sebagai peserta,” ungkap Sukri, S.Sn, Pimpinan Produksi Randai Festival, di sela-sela kegiatan.

Sebagai tuan rumah, Sawahlunto mengikutsertakan tiga grup randai, dalam festival yang memperebutkan hadiah total Rp25 juta itu. Sedangkan 14 kabupaten dan kota lainnya, masing-masing menurunkan satu grup.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Sekolah Yayasan Khairu Ummah Sawahlunto

Menurut alumni ISI Padang Panjang jurusan Musik Nusantara itu, penilaian festival randai melibatkan juri dari budayawan dan seniman ISI Padang Panjang dan Taman Budaya Sumbar.

Sedangkan fokus penilaian, akan dilakukan juri terhadap gerak, gelombang, gurindam, cerita, serta etika dan estetika adat minangkabau, yang dibawakan grup dalam alur randai yang mereka bawakan.

baca juga: Karutan Sawahlunto Raih Penghargaan Peringkat Pertama Atas Nilai Kinerja Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Terbaik Semester I 2021

Kepala Dinas Pariwisata Sawahlunto , Efriyanto mengatakan, festival randai yang akan dibuka secara resmi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno itu, bertujuan untuk pelestarian kesenian tradisional yang dimiliki daerah.

Di Sawahlunto saat ini, setidaknya terdapat 14 grup randai, yang tersebar di sepuluh nagari. Grup randai itu, bertahan dari berbagai generasi. Mulai dari mereka yang tua, hingga generasi yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

baca juga: Keliling Sawahlunto Sebar Bantuan, Andre Rosiade: Apapun Partainya, Mari Bangun Sumbar

[Rilis]

Penulis: Pundi F Akbar