Jalin Kerjasama Solidaritas Badminton di Perancis, Yayasan Bintang Kidul Bina 2 Atlet Asal Padang

Danilo, salah seorang atlet badminton binaan Yayasan Bintang Kidul, Yogyakarta asal Padang.
Danilo, salah seorang atlet badminton binaan Yayasan Bintang Kidul, Yogyakarta asal Padang. (Dokumentasi Yayasan Bintang Kidul)

KLIKPOSITIF , YOGYAKARTA - Yayasan Bintang Kidul (YBK) yang terletak di Jalan Purwanggan, Yogyakarta No 20 merupakan salah satu yayasan yang dibangun oleh Tri Sugiharto dan Dominic yang secara formal telah berdiri sejak awal 2016. Namun secara informal telah aktif dan berkembang sejak 2010.

Muhammad Habib Syaifullah, Manajer Operasional YBK saat ditemui KLIKPOSITIF , Kamis 16 Januari 2020 mengatakan YBK bertujuan untuk memberdayakan anak-anak dan remaja dari kalangan tidak mampu untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi keluarga, komunitas, dan diri mereka sendiri. Sebab YBK percaya bahwa pendidikan dalam pengertian yang luas adalah kunci untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

baca juga: Nadiem Mengaku Jadi Menteri Membuat Frustasi

"Kami juga percaya bahwa melalui pembelajaran dan pemahaman akan meningkatkan kesadaran diri, kepercayaan diri, pikiran yang benar, serta jiwa yang luas. Sehingga ke depannya diharapkan dapat memberikan mencerahkan, memperluas, dan mempertajam perspektif anak-anak muda terhadap kehidupan agar mereka mampu membangun hidup yang lebih baik," kata Muhammad Habib Syaifullah yang akrab disapa Mas Ipung.

YBK sendiri memiliki beberapa projek di Jawa dan Sumatera Barat yang menyediakan fasilitas pendidikan dan kegiatan pendidikan bagi ratusan anak dan remaja yang berasal dari latar belakang kurang mampu. Beberapa bergabung untuk belajar melalui bermain dan yang lain memiliki tujuan yang lebih jelas seperti dalam bidang bulutangkis atau di salah satu kegiatan pendidikan yang lain.

baca juga: Fadli Zon Nilai Perlu Terobosan Selesaikan Konflik Palestina -- Israel

"Di Pulau Jawa kami memiliki beberapa daerah dampingan yaitu Bekasi ada 10 Bintang, Yogyakarta ada Bintang 17, Bintak Opak, Purworejo ada Bintang Paseban, Pati ada Bintang Muria, dan Sumatera Barat ada Bintang Saiyo di Padang dan Bintang Harau di Limapuluh Kota," katanya.

Untuk bidang olahraga badminton , YBK bekerjasama dengan Solidaritas Badminton atau Solibad yang memiliki Program Badminto di seluruh dunia dan berpusat di Perancis. Kemudian di Indonesia yang bekerjasama dengan Solibad adalah YBK yang berpusat di Yogyakarta.

baca juga: WHO: Masih Ada Harapan untuk Mengendalikan Wabah COVID-19

Selain itu, untuk mengembangkan potensi atlet badminton di daerah , selain memiliki program badminton di daerah dampingan yang ada di Jawa dan Sumatera Barat juga memiliki Program Ultimate. Program ini lebih mempersiapkan anak-anak untuk menjadi atlet profesional dengan latihan yang lebih intensif.

"Dalam Program Ultimate ini sendiri ada sekitar 6 orang anak yang tengah menjalaninya. Dua di antaranya adalah anak dari Padang, Sumatera Barat yaitu Danilo dan Zaki," ujar Manajer Operasional YBK.

baca juga: KPK Cium Modus Dana Anggaran Penanganan COVID-19 Dipakai Buat Pilkada

Untuk Danilo dikatakannya telah menjalani Program Ultimate ini sejak satu tahun terakhir dan mulai memasuki tahun kedua. Danilo sendiri dijelaskannya telah mengikuti berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.

"Danilo pernah mengikuti Sirkuit Nasional di beberapa daerah di Indonesia seperti Balikpapan, Lombok, Jakarta, Bali, Bandung, dan Purwokerto. Kemudian juga turnamen internasional di Batam, Turnamen Astec serta turnamen nasional maupun internasional lainnya," kata Mas Ipung.

(Ade Suhendra)

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri