Banjir Bandang Tanah Datar, Pemkab Lakukan Ini

Daerah terdampak bencana banjir bandang di Tanah Datar
Daerah terdampak bencana banjir bandang di Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Bencana banjir bandang (galodo) yang menimpa Jorong Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan pada Jumat (17/1) dini hari telah merusak sedikitnya delapan bangunan. Bangunan itu terdiri dari enam unit rumah, satu unit toko dan satu bengkel motor, menghanyutkan satu mobil dan satu sepeda motor, puluhan ekor ternak warga.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang meninjau lokasi galodo menyampaikan agar warga menjauhi lokasi bencana karena dikhawatirkan masih ada banjir susulan.

baca juga: Delapan Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Total Jadi 193

"Melihat kondisi di hulu sungai juga terjadi longsoran dengan disertai air, untuk warga dihimbau menjauh dulu dari lokasi banjir bandang ," ucap Irdinansyah.

Untuk tindakan lebih lanjut, Bupati mengintruksikan pihak terkait untuk membuka dapur umum dan posko bencana. Prioritas penanganan pasca bencana berupa pembersihan material yang menutup badan jalan sepanjang 250 meter.

baca juga: Geger di Batipuh Tanah Datar, Seorang Nenek Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Ikut bersama bupati meninjau lokasi bencana, Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariadi, Kepala Dinas Sosial dan PPA Yuhardi, Kepala Dinas Perkim LH Dessy, Kepala Dinas PU Novi, Kepada BPBD Thamrin, Kasat Pol PP Damkar Yusnen.

Sementara di kesempatan sama, pemerintah daerah melalui Sekda Irwandi menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana berupa sembako dan terpal. (*)

baca juga: 15 Warga Tanah Datar Sembuh COVID-19, Terkonfirmasi Positif 182 Orang

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani