Masih Dilanda Kebakaran Hebat, Australia Kini Diterjang Banjir

Banjir melanda Rosslea, Townsville, wilayah Quenssland, Australia
Banjir melanda Rosslea, Townsville, wilayah Quenssland, Australia (Net)

KLIKPOSITIF - Bencana alam belum juga mereda di sejumlah kawasan di Australia. Di tengah upaya besar-besaran memadamkan kebakaran hebat, badai petir menyapa wilayah pantai timur Australia pada Sabtu (18/1) pagi, menyebabkan penutupan ruas jalan dan banjir .

Sampai saat ini, dilaporkan negara tersebut masih berjuang melawan hampir 100 kebakaran hutan dan beberapa daerah terdampak yang masih mengalami kemarau.

baca juga: Ilmuwan China Bantu Arab Saudi Temukan Uranium untuk Bangun Senjata Nuklir

Victoria, New South Wales dan Queensland, menjadi negara paling parah yang mengalami kebakaran hutan yang hingga kini menewaskan 29 orang, merusak lebih dari 2.500 rumah dan menghanguskan jutaan are lahan, yang kini sedang menghadapi hujan.

Sejumlah jalan utama di Queensland ditutup pada Sabtu pagi, dengan negara bagian tersebut mengalami hujan terparah yang pernah dialami oleh Australia selama beberapa bulan, sementara aliran listrik terputus di sejumlah wilayah New South Wales setelah angin kencang semalam.

baca juga: NASA: Siklus Baru Matahari Telah Dimulai, Apa Dampak pada Bumi?

"Hujan lebat dan intens mereda, namun hujan disertai badai petir masih mungkin terjadi hingga akhir pekan," demikian cuitan Badan Meteorologi di Queensland, Sabtu.

"Hati-hati di jalan - jika banjir , lupakan saja."

baca juga: Inggris Kembalikan 3 Patung ke India Setelah Dicuri 40 Tahun Lalu

Wilayah selatan Queensland menyaksikan curah hujan bulanan tiga kali lipat tadi malam. Tidak ada laporan kerusakan, kendati beberapa daerah penduduk terendam dan banyak taman dan tempat wisata negara bagian tersebut ditutup.

Dinas kebakaran New South Wales menyambut hujan, yang pihaknya sebut di Twiiter akan membantu mengendalikan 75 kebakaran di negara bagian tersebut, yang 25 di antaranya belum teratasi. Pihaknya juga menyebutkan bahwa beberapa lokasi kebakaran belum diguyur hujan.

baca juga: Peneliti Sebut Kombinasi Obat Ini Ampuh Pulihkan Pasien COVID-19

Sumber: Antara/Reuters

Editor: Eko Fajri