Bantuan Bencana Galodo Tanah Datar Terus Mengalir

Penyerahan bantuan untuk korban bencana galodo di Nagari Padang Laweh Malalo Tanah Datar
Penyerahan bantuan untuk korban bencana galodo di Nagari Padang Laweh Malalo Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Bantuan untuk korban bencana alam banjir bandang (galodo) di Jorong Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar , terus mengalir hingga Minggu 19 Januari 2020.

Walaupun tidak ada korban jiwa namun ada kerugian materi berupa bangunan rumah, kendaraan dan ternak menjadi sasaran air bah disertai batu-batu besar, kayu dan lumpur, terlebih lagi rasa trauma masih menghantui warga sekitar.

baca juga: 15 Warga Tanah Datar Sembuh COVID-19, Terkonfirmasi Positif 182 Orang

Tercatat, seorang balita luka ringan atas nama Kenzo (2 tahun), enam bangunan rusak berat, satu rusak sedang dan tiga rusak ringan, serta 8 kepala keluarga mengungsi.

Sebagai bentuk duka masyarakat dari berbagai tempat datang dan mengantarkan bantuan baik secara pribadi, kelompok, instansi maupun dari pemerintah sendiri.

baca juga: KPU Tanah Datar Tetapkan Nomor Urut, Paslon Berkomitmen Terapkan Protokol COVID-19

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, petugas dan relawan yang turut peduli memberikan bantuan materi, tenaga, dan semua hal untuk meringankan beban korban dan mempercepat pemulihan areal pasca bencana .

Wabup meminta seluruh perangkat daerah untuk membantu penanganan dan normalisasi pasca bencana . Sementara kepada masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Bila hujan terjadi cukup deras dan lama maka segeralah mengungi ke tempat yang aman.

baca juga: Ini Pasangan Calon yang Ditetapkan KPU Tanah Datar

"Sesuai saran BNPB, perlu dilakukan kajian secara keseluruhan melibatkan tim ahli terhadap lokasi bencana agar ke depan bisa diambil kebijakan yang tepat," ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Herman Sugiarto juga mengapresiasi koordinasi pemerintah daerah dengan instansi-instansi lain sudah berjalan sesuai harapan dalam penanganan bencana Malalo.

baca juga: Pengurus LKAAM Limo Kaum Dikukuhkan, Plt Bupati Tanah Datar Ingatkan Hal Ini

"Tentunya ke depan kita punya harapan, tindak lanjut penanganan musibah terkelola dengan baik dan terselesaikan semua persoalan-persoalan tersebut," ucapnya. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera