Tahun Ini, Ratusan Personel Polda Sumbar Akan Ikuti Tes Pengembangan Polri

Seorang perwakilan personel Polda Sumbar menandatangani pakta integritas
Seorang perwakilan personel Polda Sumbar menandatangani pakta integritas (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 880 orang calon perwira Kepolisian Republik Indonesia dari Polda Sumbar menandatangani pakta integritas pada Senin 20 Januari 2020.

Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto mengatakan bahwa pengambilan sumpah dan penandatanganan tersebut dilakukan sebelum pelaksanaan seleksi pendidikan pengembangan Polri tahun angkatan 2020.

baca juga: KPK: Bupati Kutai Timur Terima Fee Rp2,1 Miliar dari Proyek Pendidikan

"Ini dilakukan untuk membangun polri yang unggul melalui jalur pendidikan dan pembentukan karakter," ujarnya.

Ia mengatakan, seleksi tersebut dilakukan untuk pengembangan karir dan pembinaan bagi personel Polda Sumbar .

baca juga: PA 212 Mau Apel Siaga, Polda: Bakar-bakaran, Pasti Kami Tangkap

"Untuk jalurSekolah Inspektur Polisi (SIP) ada sebanyak 880 orang yang akan mengikusiti seleksi tahun ini. Semuanya tadi sudah menandatangani pakta integritas dan pengambilan sumpah," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Biro SDM Polda Sumbar , Kombespol Kombes Pol Hendra Wirawan mengatakan bahwa pada seleksi tahun ini, juga diikuti oleh puluhan perwira lainnya.

baca juga: Permohonan Penangguhan Penahanan Tak Digubris Hingga Meninggal, Tim PH Lehar Adukan Dua Penyidik Polda Sumbar ke Divpropam Polri

"Ada perwira yang mengikuti seleksi Sespimma dan Sespimmen untuk tahun ini. Untuk sespimma ada sebanyak 13 orang dan Sespimmen sebanyak 11 orang," ujarnya.

Ia mengatakan, selain personel Polda Sumbar , satu orang personel yang BKO di Polda Sumbar juga mengikuti seleksi tersebut. "Untuk personel BKO itu mengikuti seleksi untuk Sespimmen," lanjutnya.

baca juga: 99 Daerah Kini Masuk Zona Hijau

Ia berharap, yang mengikuti seleksi tahun ini untuk SIP, Sespimma maupun Sespimmen bisa menjadikan Polri lebih kuat, profesional dan lebih baik kedepannya.

"Saya juga mengimbau seluruh personel yang mengikuti seleksi agar mempersiapkan diri untuk tes nantinya. Baik dalam hal fisik dan penguasaan materi," harapnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri