Longsor Tutup Jalinsum Sijunjung, Rumah Warga Bergeser ke Jalan

Longsor di Jalinsum KM 170 di Kenagarian Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.
Longsor di Jalinsum KM 170 di Kenagarian Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. (Ist)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Bencana tanah longsor menimbun Jalan Lintas Sumatra KM 170 di Kenagarian Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung , Selasa (21/1/2020).

Kaur Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul Nurdin mengatakan, laporan yang diterima dari petugas di lapangan, akibat tanah longsor tersebut Jalinsum dari arah Padang menuju Dharmasraya maupun sebaliknya tidak bisa dilewati.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

"Akses Jalinsum Padang Dharmasraya tertutup dua arah, karena material longsor membawa rumah milik Kenedi ketengah jalan," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Selasa (21/1/2020).

Selain itu, lanjut Nasrul, bencana tanah longsor juga terjadi di Jalinsum KM 2 Sumbar - Riau di Jorong Batang Talang Kenagarian Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung . Penumpukan material sekira 10 meter menutup jalan lintas Sumatera Sumbar - Riau mengakibatkan jalur lintas tertutup dua arah.

baca juga: Mensos Risma Santuni Keluarga Korban Longsor Tambang di Solok Selatan

"Banjir setinggi paha orang dewasa juga terjadi didepan Bank BRI Unit Kiliran Jao di Jorong Sungai Tambang II Nagari Kunangan Parik Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung ," ujarnya.

Nasrul menambahkan, saat ini pihaknya melakukan pengamanan di lokasi, kemudian berkoordinasi dengan instansi terkait PUPR dan BPBD Sijungjung untuk mendatangkan alat berat untuk membuang material longsor dari badan Jalan.

baca juga: Tiga Napi Melarikan Diri dari Lapas Kelas III Talu Pasbar, Ini Cara Mereka Kabur

"Pekerjaan menyingkirkan material dibahu jalan sudah dilaksanakan dengan menurunkan 1 unit alat berat," tuturnya.(*)

Editor: Muhammad Haikal