Selamat Tinggal, 16 Tahun Beroperasi NASA Pensiunkan Teleskop Ini

Teleskop Spitzer
Teleskop Spitzer (Nasa)

KLIKPOSITIF - NASA akan memberhentikan salah satu teleskop inframerah andalannya yang disebut Spitzer pada 30 Januari mendatang. Teleskop yang merupakan salah satu dari Great Observatories milik NASA ini akan mengirim data sains dan teknik terakhirnya ke kontrol misi dan dipensiunkan.

Spitzer diluncurkan pada Agustus 2003 sebagai salah satu dari empat Great Observatories NASA , mengikuti jejak Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Observatorium Sinar-X Chandra.

baca juga: Meski Tiga Negara Besar Absen, Program Vaksin WHO Terus Jalan

Dilansir dari Space.com, Spitzer Space Telescope akan melakukan pengamatan terakhirnya pada 29 Januari mendatang, menutup genap 16 tahun misi yang dilakukannya. Padahal, awalnya teleskop itu dirancang hanya untuk beroperasi selama 2,5 tahun.

Teleskop itu dirancang untuk mempelajari cahaya inframerah dan membantu para ilmuwan mempelajari jangkauan kosmos yang berdebu.

baca juga: Presiden AS Minta PBB Desak Cina Bertanggung Jawab Atas Pandemi Corona

Spitzer juga memberikan wawasan mengenai bagaimana bintang mati, bagaimana alam semesta terbentuk, dan bagaimana lubang hitam supermasif memberi makan diri mereka sendiri.

Pencapaian besar lainnya yang telah dilakukan Spitzer adalah memberikan studi terperinci tentang nebula pembentuk bintang dan apa yang terjadi di dalamnya.

baca juga: Mengaku Reinkarnasi Yesus, Pemimpin Sekte Ini Ditangkap

Dilansir dari IFL Science, Spitzer juga memberikan potret inframerah terbesar dan paling rinci dari Bimasakti, yang terdiri lebih dari 800 ribu foto serta menemukan cincin Phoebe Saturnus.

Teleskop ini juga berkontribusi dalam penemuan dan studi tentang planet ekstrasurya. Sistem TRAPPIST-1 yang terkenal memiliki tujuh eksoplanet ini, lima di antara eksoplanet tersebut adalah buah penemuan Spitzer.

baca juga: Pentingnya 3 M, Tom Frieden: Tak Ada Akhir Seperti Cerita Dongeng Untuk Pandemi

Spitzer tidak akan memiliki penerus langsung tetapi beberapa observatorium inframerah akan diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang.

NASA akan memberikan penghormatan terakhir kepada Spitzer pada 22 Januari mendatang. Acara itu akan ditayangkan melalui siaran langsung di seluruh saluran media sosial utama NASA . (*)

Editor: Eko Fajri