Serak Gulo di Padang, 4 Ton Gula Pasir Disiapkan

Serak gulo pada tahun 2019 lalu
Serak gulo pada tahun 2019 lalu (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Himpunan Keluarga Muhammadan Padang telah menyiapkan sebanyak empat ton lebih gula pasir yang akan diserakkan pada prosesi 'serak gulo' yang akan dilaksanakan Sabtu 25 Januari 2020.

Ketua Himpunan Keluarga Muhammadan Padang, Ali Khan Abubakar mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan gula hingga Selasa 21 Januari 2020.

baca juga: Bakal Calon Kepala Daerah yang Sempat Dinyatakan Positif Kini Sudah Bisa Lakukan Tes Kesehatan

"Jumlah gula yang akan dibagikan nantinya tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya. Kemungkinan sekitar empat ton," ujarnya saat diwawancarai KLIKPOSITIF .com.

Ia mengatakan, prosesi nantinya akan dimulai dengan membungkus gula menggunakan kain perca yang dilakukan oleh kaum perempuan.

baca juga: TBIG Melalui Program "Bersama Kita Berbagi" Kembali Donasikan APD Kepada Pemerintah Kota Padang

"Setelah dibungkus, nanti gula itu akan didoakan dan akan dibawa ke bangunan yang tinggi," ujarnya.

Setelah itu, menurutnya gula itu akan kembali didoakan saat diletakkan di bangunan yang tinggi dan siap untuk dibagikan.

baca juga: Wali Kota Janjikan Rasa Aman Berinvestasi di Kota Padang

"Gulanya akan dibagikan setelah salat ashar dan akan berakhir sebelum salat magrib dan hingga pukul 17.30 WIB," lanjutnya.

Ia mengatakan, pembagian gula tersebut dilakukan dengan cara melempar bungkusannya dari tempat ketinggian kepada masyarakat yang berkumpul di bawah.

baca juga: Jokowi Video Call dengan Guru SMPN 7 Padang, Bahas Belajar Masa Pandemi

"Setelag itu, seluruhnya nanti akan bersama-sama menunaikan ibadah salat magrib berjamaah di Masjid Muhammadan ," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera