Soal Baliho Hendrajoni, Ini Kata Bawaslu Pessel

Baliho 2020 Hendrajoni Lagi terpasang di Pessel
Baliho 2020 Hendrajoni Lagi terpasang di Pessel (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengungkapkan, petahana yang lebih awal curi star memperkenalkan diri menggunakan alat peraga seperti baliho dan spanduk sebelum masa penetapan pasangan calon (Paslon) Pilkada tidak termasuk pelanggaran dalam Undang-undang.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan Erman Wadison menegaskan, tidak ada pelarangan untuk petahana yang menggunakan baliho atau spanduk lebih awal walaupun ada unsur politik untuk mencuri simpati pemilih. Sebab, ketentuan tersebut tidak diatur. Apalagi petahana belum ditetapkan secara resmi sebagai Paslon oleh KPU.

baca juga: Terima Surat Cuti Dari Gubernur, Wabup Lima Puluh Kota Tinggalkan Rumah Dinas Pada 25 September

"Belum (ada pelanggaran). Alat peraga kampanye (APK) itu berlaku, pertama disaat kampanye, yang kedua ketika sudah menjadi pasangan calon. Tapi, dia sekarang bukan pasangan calon,"ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Selasa 21 Januari 2020.

Selain tidak ada pelarangan terhadap petahana lebih awal memasang APK sebelum penetapan calon, Undang-undang juga tidak mengatur pelarangan tentang bakal calon (Balon).

baca juga: Duo Kader PDID Lakukan Aksi Bersih-bersih Sampah

"Dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 itu tidak ada ketentuan balon (Bakal Calon). Yang ada itu pasangan calon. Jadi boleh dan sah-sah saja jika sudah ada yang menggunakan baliho , spanduk (sebelum penetapan calon)," terangnya.

Lanjutnya, sejuah ini terkait hal yang tidak ada pelarangan yang diatur dalam Undang-undang tentang Pilkada, pihaknya tidak bisa melakukan penindakan atau penertiban. Sebab, semua pelanggaran yang bisa ditindak sudah dijelaskan dalam Undang-undang Pilkada.

baca juga: Pengamat Politik: NA-IC Berpeluang Menang Pilgub Menurut Swing Voters dan Undecided Voters Tinggi

"Semuanya kita masih mengacu pada Undang-undang nomor 10 tahun 2016. Dan sejauh ini PKPU belum ada mengeluarkan, mana yang alat peraga kampanye. Jadi kalau membuat baliho , boleh saja dan selama ini petahana juga masih membuat baliho ," tutupnya.

Pantauan KLIKPOSITIF , jelang Pilkada 2020 sejumlah baliho bakal calon (Balon) sudah mulai terpasang di sebagian titik jalan nasional Pesisir Selatan. Tidak terkecuali Hendrajoni sebagai Bupati Pesisir Selatan. Balihonya terpajang dengan berisikan tulisan untuk mencalon lagi secara jelas sebagai balon bupati.

baca juga: Bersama Rudi Hariansyah, Rusma Yul Anwar Prioritaskan Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi di Pessel

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera