Tiga tahun, Puluhan Anak di Padang Terjangkit HIV/AIDS

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 29 orang anak di Kota Padang terindikasi positif mengidap HIV /AIDS sejak tiga tahun yang lalu. Menurut data Dinas Kesehatan Kota Padang , anak yang mengidap HIV /AIDS paling banyak ditemukan pada tahun 2018.

"Dalam tiga tahun terkahir, ada sebanyak 29 orang anak yang mengidap HIV /AIDS. Perhitungan ini sejak 2017 hingga 2019," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang , Feri Mulyani, Rabu 22 Januari 2020.

baca juga: Banyak Merawat Pasien Covid-19, Begini Kondisi di SPH

Ia mengatakan, untuk abak dibawah empat tahun, ada sebanyak 12 orang yang terdeteksi positif penyakit mematikan itu.

"Untuk anak yang berumur 5 sampai 14 tahun, ada sebanyak 17 orang sejak tahun 2017 lalu," lanjutnya.

baca juga: Ninik Mamak Kecamatan IX Koto Nyatakan Dukungan Ke Pasangan SR-Labuan

Menurutnya, kebanyakan anak pengidap HIV /AIDS karena tertular dari orang tuanya yang juga terindikasi positif penyakit mematikan itu.

"Mereka tertular dari air susu yang diberikan oleh orang tuanya yang juga mengidap HIV /AIDS," lanjutnya.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

Selain anak di bawah empat tahun hingga 14 tahun, ada juga anak-anak yang terdeteksi positif HIV /AIDS dengan pengelompokan umur 15 sampai 19 tahun.

Ia mengatakan, untuk perawatan, pihaknya menyamakan dengan orang dewasa. Perawatan tersebut dilakukan dengan memberikan HRV yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan.

baca juga: Pemko Pariaman Kembali Salurkan Bibit Pertanian

"Kami memberikan HRV itu fungsinya untuk memperlambat penyebaran virus tersebut agar penderita HIV itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu, untuk kalangan remaja, belasan orang juga positif terjangkit HIV /AIDS di Kota Padang pada tiga tahun terakhir.

"Untuk kelompok umur 15 sampai 19 tahun, ada sebanyak 12 orang yang positif HIV /AIDS sejak tiga tahun terakhir," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani