Pemko Pariaman Susun Aturan Tanah Ulayat untuk Investasi

Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat wawancara terkait aturan tanah Ulayat untuk investasi
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat wawancara terkait aturan tanah Ulayat untuk investasi (KLIKPOSITIF/Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Aturan penggunaan tanah Ulayat untuk lokasi investasi sedang disusun oleh Pemerintahan Kota (Pemko) Pariaman . Perihal itu didasari karena banyaknya tanah Ulayat di wilayah Pariaman yang tidak tergarap.

"Banyak tanah ulayat di Kota Pariaman yang kosong dan tertinggal yang dapat dimanfaatkan untuk investasi," kata Wali Kota Pariaman Genis Umar di Pariaman , Rabu 22 Januari 2020.

baca juga: Pemko Pariaman Bangun 1.000 Septic Tank untuk Warga

Dikatakan oleh Genius Umar, sedikitnya ada sekitar seribu hektare lahan terlantar di Kota Pariaman yang merupakan tanah ulayat dan potensial untuk investasi.

"Maka dari itu, untuk menyusun aturan tersebut kami harus membuat kesepakatan dengan warga atau dengan tokoh adat," jelas Genius.

baca juga: Polres Pariaman Bekuk Seorang Pria Diduga Pengedar Narkoba

Pembuatan aturan tersebut diperlukan agar ada kekuatan hukum sehingga investor dan masyarakat tidak dirugikan.

"Nah adapun tujuan tanah ulayat untuk investasi tersebut yaitu untuk mempercepat pembangunan di Kota Pariaman dan meningkatkan pendapatan warga di daerah itu," kata Genius.

baca juga: Pemko Pariaman Kembali Salurkan Bibit Pertanian

Untuk menjalankan rencana tersebut pihaknya telah melaksanakan sosialisasi pada Agustus 2019 kepada warga dan tokoh adat setempat terkait penggunaan tanah ulayat untuk investasi.

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi