Pemkab Tanah Datar Siapkan 73 Event Wisata, 4 Berskala Nasional

Pagelaran talempok pacik pada ivent Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung
Pagelaran talempok pacik pada ivent Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyiapkan sebanyak 73 event wisata selama 2020. Empat event di antaranya berskala nasional.

"Empat event nasional itu adalah Festival Pesona Minangkabau (FPM), Tour de Singkarak (TdS), Pacu Jawi, dan Pasar Vander Capellen," ucap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Rabu 22 Januari 2020.

baca juga: APBD Perubahan Tanah Datar: Pendapatan Turun Rp125,78 Miliar

Hakim menyebutkan dalam ajang FPM berbagai event bernuansakan budaya Minangkabau digelar dengan tujuan melestarikan dan mempromosikan pesona budaya Minangkabau kepada wisatawan.

"FPM ini telah ditetapkan sebagai 100 Wonderful Event oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Tahun ini akan kita gelar pada 2 sampai 6 Desember 2020 di Istano Basa Pagaruyung dan Kota Batusangkar," tutur Hakim.

baca juga: Tanah Datar Berduka, Bupati Irdinansyah Tarmizi Pemimpin yang Disenangi Rakyat Berpulang Kerahmatullah

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison mengatakan untuk event Pasar Vander Capellen merupakan pasar wisata Instagramable dan kekinian yang diadakan di Benteng Vander Capellen Batusangkar.

"Pasar ini menghadirkan suasana tempo doeloe, dengan menyajikan berbagai kuliner autentik Tanah Datar , pertunjukan dan atraksi seni Minangkabau, yang digelar hari Minggu pukul 07.00 - 11.00 Wib," ucap Efrison.

baca juga: Betti Shadiq Pasadigoe: Almarhum Bupati Irdinansyah Sosok Pemimpin yang Peduli Rakyat

Selain event nasional, sebut Efrison, ada beberapa event lokal yang akan digelar yakni Pentas Seni Panorama di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Semarak Pesona Marapi di Kecamatan Sungai Tarab, Mini Art Cam (wisata alam dan seni) di Aua Sarumpun, Kecamatan Rambatan.

Kemudian, Lintau Expo di Kecamatan Lintau Buo, Festifal Takbiran Luhak Nan Tuo V di Kota Batusangkar, Sepekan Kesenian Anak Nagari di Nagari Andalah Baruah Bukit, Kecamatan Sungayang, Galundi Singkarak Festival di Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, dan Festival Pesona Nagari Cubadak di Kecamatan Limo Kaum. (*)

baca juga: Ini Pesan Wagub Sumbar Saat Pelepasan Jenazah Bupati Irdinansyah Tarmizi di Pagaruyung

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera