Prabowo Kelola Anggaran Rp127,4 Triliun, Jokowi: Sosok yang Teliti

Ilustrasi
Ilustrasi (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo atau Jokowi percaya dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mampu mengelola anggaran Kementerian Pertahanan tahun 2020. Anggaran itu sebesar Rp127,4 Triliun.

Jokowi menilai Prabowo adalah sosok yang sangat teliti dalam hal urusan anggaran.

baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Indonesia Gunakan Metode Farmakologi, Apa Itu?

"Saya yakin Pak Menhan ini kalau urusan anggaran detail, berkali-kali dengan saya hampir hapal di luar kepala. Ini Pak di sini Pak. Aman urusan Rp 127 triliun ini," ujar Jokowi saat memberikan arahan dalam rapat pimpinan Kementerian Pertahanan TNI-Polri di Kementerian Pertahanan , Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Jokowi menyebut alokasi anggaran untuk Kementerian Pertahanan , merupakan instansi yang mendapatkan alokasi dalam APBN terbesar sejak 2016 lalu. Karena itu, ia mengingatkan Prabowo untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran tersebut.

baca juga: Kasus Kembali Bermunculan, Zona Hijau COVID-19 di Sumbar Tinggal Empat Daerah

"Perlu saya informasikan kementerian pertahanan mendapatkan alokasi APBN terbesar sejak 2016 sampai sekarang. Tahun 2020 sekitar Rp 127 Triliun rupiah. Hati-hati penggunaan ini," ucap dia

Lebih lanjut Jokowi meminta agar penggunaan anggaran harus efisien dan tidak boleh ada penggelembungan anggaran. Jokowi juga mengatakan yang paling penting penggunaan anggaran yakni dalam hal mendukung industri dalam negeri.

baca juga: Menperin Khawatir Virus Baru Akan Muncul dan Lebih Mematikan dari COVID-19

"Harus efisien, bersih, tak boleh ada mark up-mark up lagi dan yang paling penting mendukung industri dalam negeri kita," katanya.

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (*)

baca juga: Ada Dana POP, Kemendikbud Diminta Subsidi Pendidikan Jarak Jauh

Editor: Eko Fajri