Berantas Peredaran Narkoba dari Lapas, Ini Janji Kalapas Pariaman

Kalapas Kelas ll B Pariaman, Eddy, saat pelantikan di Pariaman
Kalapas Kelas ll B Pariaman, Eddy, saat pelantikan di Pariaman (rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Persoalan peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas ll B Pariaman menjadi perhatian kusus bagi Kepala Lapas Pariaman yang baru saja dilantik pada Kamis (23/1).

Kepala Lapas Kelas II B Pariaman , Eddy Junaidi saat serah terima jabatan dari Kalapas lama Pudjiono Gunawan, di Lapas klas IIB Pariaman , menjelaskan perihal tersebut.

baca juga: KPU Pessel Minta Paslon Segera Serahkan Rekening Dana Kampanye

Dikatakannya persoalan narkoba di lapas itu tidak hanya di Pariaman saja, namun di Indonesia secara umum.

"Perihal itu tidak bisa dipungkiri, sebagai orang baru disini tentu saya akan bekerja semaksimal mungkin berserta jajaran. Karena masalah narkoba ini tidak hanya di Pariaman saja, tetapi menyeluruh," ungkap Eddy, Kamis 23 Januari 2020.

baca juga: Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi Ikut Pilkada dan Diharuskan Cuti, Siapa yang Menggantikan?

Untuk itu kata Eddy, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak Polres Pariaman , Polres Padang Pariaman , BNK dan BNP untuk memerangi peredaran Narkoba ini, baik itu dilapas ataupun diluar.

"Nah, khusus untuk peredaran narkoba di lapas kami akan memperketat pengaman dan melakukan rahazia secara rutin di Lapas ," katanya.

baca juga: Agam Terkoneksi, Bupati: Internet Gratis Hingga Pelosok Nagari

Selain melakukan rahazia secara masif, kata dia lagi, pihaknya perlu dukungan sarana yang memadai.

"Tak cukup dengan tangan kosong saja untuk memutus peredaran narkoba dari dalam lapas . Kami butuh sarana prasarana dan teknologi. Selama ini di Lapas Pariaman masih dilakukan dengan cara manual," jelas Kepala Lapas itu.

baca juga: Polisi Masih Dalami Kasus Penyegelan Rumah Wabup Solok

"Waktu saya ditugaskan di Lapas Cipinang saja disana sudah punya alat berupa x-ray maupun Body Scanner tapi itu juga masih kebobolan," katanya.

Jadi kata Eddy, masalah keamanan khususnya penyelundupan narkoba di Lapas tidak akan berhasil kalau tidak didukung oleh komitmen daripada petugas Lapas itu sendiri.

"Maka dari itu, dalam waktu dekat kami akan melakukan deklarasi kinerja untuk bersatu padu memerangi narkoba di Lapas ," katanya.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri