Seorang Jemaah Pulang Umrah Terindikasi Pneumonia, Dinkes Sumbar Kirim Sampel ke Pusat

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday
Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Disaat wabah Pneumonia yang disebabkan virus corona menyebar dan Indonesia sedang waspada wabah dari China itu, salah jemaah Sumbar pulang umrah mengalami seperti gejala pneumonia.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday menjelaskan, kemarin memang ada jemaah pulang umrah suhu tubuhnya tinggi, pilek dan batuk, namun belum bisa dipastikan itu yang bersangkutan terpapar pneumonia.

baca juga: 9 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, 8 Diantaranya Tenaga Kesehatan

"Belum bisa kita simpulkan, jadi kemarin jemaah itu memang demam, pilek dan batuk. Karena kondisi itu kemudian di bawa ke M Djamil Padang," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat, 24 Januari 2020.

"Karena saat ini wabah pneumonia sedang hangat jadi kami ambil sampel dan dikirim ke Jakarta untuk mengetahui apakah ada gejala dari virus corona," sambungnya.

baca juga: Dada Nyeri Tak Selalu Masalah Jantung, Perhatikan Penyebab Lainnya

Menurut Merry, dua hari lagi hasil laborator dari jemaah tersebut keluar dan bisa diketahui apakah memang pneumonia atau bukan.

"Kita tidak bisa langsung vonis pneumonia, marah orang nanti. Setelah ada cek laborator baru bisa disimpulkan," katanya.

baca juga: Penelitian Ungkap Makanan Berlemak Bisa Picu Jerawat

Untuk diketahui, ada tiga gejala yang perlu diwaspadai, demam karena radang di jaringan paru, batuk baik kering atau berdahak, dan kesulitan bernapas. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir