Antisipasi Hama Wereng, Ini Imbauan Dinas Pertanian Kota Padang

Peninjauan area pertanian yang diserang hama wereng
Peninjauan area pertanian yang diserang hama wereng (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF - Untuk mengantisipasi serangan hama wereng yang melanda lebih seratus hektare tanaman padi, Dinas Pertanian Kota Padang mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan varietas yang tahan lama (tahan penyakit).

"Saat ini, kecenderungan petani lebih memilih jenis IR 42 atau Cisokan untuk ditanam. Padahal dua varietas ini sangat lemah dan rentan diserang hama wereng . Sebaiknya varietas yang ditanam adalah yang tahan hama seperti Batang Piaman," ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial.

baca juga: Hujan Deras di Kota Padang, Jundul Rawang Banjir Lagi

Syahrial menyebutkan, luas lahan padi saat ini yang terserang hama wereng di Kota Padang lebih kurang 108 hektare yang terdapat di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Pauh, Kuranji dan Lubuk Kilangan.

"Selain melakukan variates yang tahan lama, kita mengimbau masyarakat melakukan tanaman serentak, bergiliran tanaman dengan palawija serta melakukan monitoring rutin terhadap hama wereng tersebut," jelasnya.

baca juga: Padang Jadi Zona Merah Pandemi, Ini Tanggapan Wawako Padang

Agar masyarakat tidak dirugikan akibat gagal panen, Syahrial mengajak para petani untuk mengasuransikan lahannya, asuransi usaha tanaman padi (AUTP) yang preminya sudah disubsidi pemerintah. "Jika usaha masyarakat gagal nantinya akan diganti oleh asuransi sebesar Rp6 juta/hektare," pungkasnya. (*)

Editor: Haswandi