Jelang Pilkada

Sebanyak 525 Pelamar PPK di KPU Pasbar Masuki Verifikasi Berkas

Petugas KPU Pasbar saat menerima pendaftaran pelamar PPK
Petugas KPU Pasbar saat menerima pendaftaran pelamar PPK (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) secara resmi telah menutup pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah , pada 24 Januari 2020 kemaren.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pasbar , Alharis, selama pendaftaran dibuka sudah 525 pelamar calon anggota PPK melakukan pendaftaran hingga batas waktu penerimaan yang telah ditentukan.

baca juga: Rakor Bawaslu Solsel Tentang Pengawasan Pilkada Hasilkan 5 Poin Komitmen

Ia merinci, sebanyak 525 pelamar calon anggota PPK itu lebih banyak pelamar laki-laki yakni berjumlah 295, sedangkan pelamar perempuan berjumlah 230 pelamar.

"Hari ini kita masuk dalam proses penelitian administrasi atau verifikasi berkas," kata Alharis kepada KLIKPOSITIF diruang kerjanya, Sabtu (25/1/2020).

baca juga: APBD Perubahan Tanah Datar: Pendapatan Turun Rp125,78 Miliar

Alharis menjelaskan, ada tiga katergori yang dibutuhkan dalam pembentukan panitia adhoc seperti, PPK diantaranya, harus memiliki sikap profesional, berintegritas dan independen.

Tiga kategori jadi syarat karena PPK adalah ujung tombak pemilu, sebab PPK bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Kesukseksan pemilihan Kepala Daerah Pasaman Barat sebut Alharis, salah satunya ditentukan panitia adhoc yakni, PPK dan PPS," sebutnya.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Untuk itu ia menegaskan, pihaknya tidak main-main dalam perekrutan PPK. "Kami tegaskan bahwa KPU Pasbar tidak main-main dalam perekrutan tenaga adhoc, sehingga bagi siapa pelamar teraflisiasi dengan parpol, langsung kita coret," tegas Alharis.

Ia melanjutkan, pihaknya membutuhkan sebanyak 55 orang tenaga Adhoc, setiap kecamatan akan ditempatkan sebanyak 5 orang, dengan 1 orang ketua dan 4 orang anggota.

baca juga: Sandiaga Jadi Timses Menantu Jokowi, Analis: Dari Seri A ke Seri C

Dengan tentang standar honorium badan adhoc pemilu 2020, yakni honorium Ketua PPK senilai Rp2,2juta, sedangkan anggota PPK menerima honorium senilai Rp1,9juta," terang Alharis.

Ia berharap, semoga terpilih orang-orang yang memiliki kemampuan dan berintegritas dalam meyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat di tahun 2020, sehingga penyelenggaraan pemilu serentak berjalan sukses dan lancar," harap Alharis.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri