Kunjungan Turis Tiongkok ke Tanah Datar Terpaksa Dibatalkan, Ini Kata Bupati

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (irfan taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Kunjungan wisatawan asal Kunming Tiongkok ke Kabupaten Tanah Datar hari ini, Senin 27 Januari 2020 dibatalkan.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar menyampaikan pembatalan kunjungan itu setelah koodinasi dengan pihak manajemen, pimpinan rombongan dan pendamping serta termasuk dengan jajaran medis.

baca juga: Ninik Mamak Kecamatan IX Koto Nyatakan Dukungan Ke Pasangan SR-Labuan

"Kita simpulkan bahwa kunjungan wisatawan asal Tiongkokitu ke Kabupaten Tanah Datar sangat disayangkan terpaksa dibatalkan," tutur Irdinansyah.

Bupati menyebut rencana kunjungan wisatawan asal Tiongkokini telah menimbulkan respon dari berbagai pihak, dan setelah dikaji berbagai aspek dan berkoordinasi dengan pihak manajemen serta pimpinan rombongan kunjungan, mereka memahami kondisi ini.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

"Karena kunjungan mereka tidak pada kondisi yang tepat dan menimbulkan keresahan pada masyarakat kita di Tanah Datar , maka dari itu diputuskan kunjungan mereka dibatalkan ke Tanah Datar ," ujar Irdinansyah.

Bupati Irdinansyah berharap setelah pembatalan kunjungan dari wisatawan Kunming asal Tiongkokini, kondisi dan situasi di Tanah Datar tetap terjaga dan kondusif.

baca juga: Pemko Pariaman Kembali Salurkan Bibit Pertanian

Menurut jadwal, wisatawan asal Tiongkoksebanyak 134 orang itu akan tiba di Istano Basa Pagaruyung sekitar pukul 10.00 Wib, disambut dengan tari gelombang. Kemudian dijamu makan siang di Gedung Indo Jolito Batusangkar. Kemudian singgah di Gedung Promosi Pusat Oleh-Oleh, dan terus menyaksikan atraksi Pacu Jawi di Nagari Tuo Pariangan.

Selain ke Tanah Datar , turis asal Tiongkokini juga akan melakukan perjalanan wisata ke Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang. (*)

baca juga: Begini Perkembangan Virus Corona di Bukittinggi, dari Awal Hingga Terjadi Penambahan Kasus Baru Tiap Hari

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri