Empat Mahasiswa Minang di "Pusat Penyebaran Virus Corona" Wuhan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Virus corona yang mewabah di Cina, dituding pusatnya berada di Kota Wuhan. Ada 93 WNI di Wuhan. Sejumlah WNI tersebut, dikabarkan adalah mahasiswa asal Sumatera Barat.

Ketua Ikatan Pelajar Minang Internasional (IPMI) Tareq Albana membenarkan hal itu. Ia sudah mendapat informasi dari Mahasiswa Minang di Wuhan.

baca juga: Pilkada di Tengah Pandemi COVID-19, Dampaknya pada Partisipasi Pemilih

"Ada 4 orang Mahasiswa Minang yang tinggal di sana,''kata Tareq, saat dikonfirmasi dari Bukittinggi.

Selebihnya, kata dia, sudah tak lagi berada di Kota Wuhan.

baca juga: Rachmat Gobel Usulkan Transportasi Berbasis Rel Harus jadi Agenda Prioritas Pemerintah

"Yang lainnya sudah pulang sebelum virus itu merebak, kebetulan sedang musim liburan di sana, kita tak tahu pasti berapa jumlah mahasiswa ini sebelum virus, sebab kampus mereka terpisah dan Wuhan adalah kota yang besar,''jelasnya.

Rio Alfi, salah seorang pelajar Minang di yang menempuh pendidikan S2 Applied Psychology di China University of Geosciences, Wuhan, mengatakan dirinya tidak bisa keluar masuk. Ia hanya banyak melakukan kegiatan di dalam ruangan atau di dalam asrama.

baca juga: Padang Jadi Zona Merah Pandemi, Ini Tanggapan Wawako Padang

"Saat ini kami tidak boleh beraktivitas di luar ruangan dan hanya berada di dalam kamar. Kondisi Saya di sini alhamdulillah sehat dan kawan-kawan lain di sini juga sehat," ujar Rio saat dihubungi KLIKPOSITIF via WhatsApp, Senin 27 Januari 2020.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri