Usulan Interpelasi Gubernur Sumbar, PKS: Tak Apa-apa, Itu Hak Bertanya

Pengusulan interpelasi oleh tiga fraksi kepada ketua DPRD Sumbar beberapa waktu lalu
Pengusulan interpelasi oleh tiga fraksi kepada ketua DPRD Sumbar beberapa waktu lalu (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nufirman Wansyah mengatakan interpelasi yang diajukan oleh beberapa fraksi kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar adalah hal yang biasa. Interpelasi itu diajukan ke Gubernur Sumbar terkait perjalanan ke luar negeri dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

" Interpelasi adalah hak bertanya. Tak apa-apa jika diajukan oleh beberapa fraksi ke pimpinan DPRD. Kita dari Fraksi PKS juga menyilahkan dan tak mempermasalahkan hal itu," katanya saat dihubungi di Padang, Selasa, 28 Januari 2020.

baca juga: DPRD Sumbar Dukung Langkah Pemprov Buka Kembali Sektor Wisata

Ia mengatakan interpelasi terkait perjalanan luar negeri gubernur juga bukanlah perjalanan untuk berfoya-foya dan jalan-jalan. "Karena perjalanan itu juga sudah mendapat izin dari menteri dalam negeri sehingga tak ada hal yang menjadi masalah," katanya.

Menurutnya perjalanan gubernur ke luar negeri adalah perjalanan untuk menarik investor melirik Sumbar. "Maka tak ada salahnya kita roadshow ke beberapa negara memperkenalkan Sumbar. Dari perjalanan yang banyak itu, satu atau dua juga nyangkut untuk berinvestasi di Sumbar," tuturnya.

baca juga: DPRD Sumbar Sebut Recovery Ekonomi Harus Berjalan dengan Baik

Ia menambahkan dengan adanya kunjungan ke luar negeri juga memberikan inovasi baru bagi Sumbar. "Tak sedikit inovasi yang dilakukan gubernur di Sumbar dari kunjungan ke luar negeri sehingga ini tak bisa dikatakan tak ada hasil dari perjalanan ke luar negeri ini," jelasnya.

Ia juga tak menyangkal jika selama dua periode kepemimpinan Irwan Prayitno sebagai gubernur Sumbar telah banyak memberikan perubahan. "Kita bisa lihat jalan-jalan yang sudah bagus dan infrastruktur lain yang sudah maju. Selain itu, Sumbar juga telah banyak menerima penghargaan dari prestasi yang diperbuat dari pemerintah," jelasnya.

baca juga: DPRD Sumbar Sarankan Tiga Hal Ini Kepada Pemprov di Masa Recovery Ekonomi

Sebelumnya, tiga fraksi mengajukan usulan interpelasi ke Ketua DPRD Sumbar terkait perjalanan gubernur ke luar negeri dan BUMD yang ada di Sumbar. (*)

Editor: Fitria Marlina