Kapal Nelayan Sasak Tenggelam di Pasbar, Dua Awak Kapal Dikabarkan Hilang

16 awak kapal yang selamat tiba di dermaga Nagari Sasak
16 awak kapal yang selamat tiba di dermaga Nagari Sasak (Basarnas)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Dihantam badai dan angin kencang saat melaut, kapal pencari ikan tenggelam ditengah perairan laut pantai Kecamatan Sasak Ranah pasisia, Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), dua awak kapal dinyatakan hilang.

"Benar, ada kapal nelayan dari Nagari Sasak yang tenggelam, pada Selasa (28/1/2020) malam, sekira pukul 22.00 WIB, karena dihantam badai dan angin kencang saat melaut dan dua awak kapal dinyatakan hilang," sebut Koordinator Basarnas Pos Pasaman, Zulfahmi kepada KLIKPOSITIF , Rabu (29/1/2020).

baca juga: Kenapa Masyarakat Dilarang Main Layangan di Dekat Bandara? Ini Bahayanya

Ia menjelaskan, peristiwa itu berawal saat kapal yang bernama KM Gasan 16 dengan jumlah awak kapal sebanyak 18 orang sedang melaut, tiba-tiba hari hujan dan badai disertai angin kencang.

Kemudian, awak kapal berupaya menghidupkan pompa air yang ada di kapal, namun pompa air kapal itu tidak bisa berjalan, sehingga kapal tersebut dipenuhi air laut lalu tenggelam, lokasi kapal tenggelam 14 mil dari daratan.

baca juga: Tetap Pakai Protokol COVID-19, Ini Lokasi Salat Idul Adha di Kota Padang

Seketika awak kapal yang berjumlah 18 orang berupaya menyelamatkan diri mereka masing-masing, namun tidak berapa lama mereka diselamatkan oleh kapal nelayan yakni KM Waspada.

"Mereka diselamatkan oleh kapal nelayan yang tidak jauh dari lokasi tenggelam, saat ini 16 awak kapal tersebut sudah berada didarat," sebutnya.

baca juga: Delapan Kejorongan di Pasbar Terklasifikasi Daerah Tertinggal

Sedangkan dua orang awak kapal lagi, hingga saat ini belum ditemukan, yakni bernama Jalani (50) dan Sial alias Jablai (45). "Kita sudah berkoordinasi dan rencana akan memulai pencarian," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri