Dua Titik Longsor Terjadi di Sikucua, Jalan Menuju ke 5 Nagari Terputus

Longsor di Sikucua
Longsor di Sikucua (rehasa)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Longsor menerjang kawasan Korong Sungai Janiah, Nagari Sikucua Induak, Kecamatan 5 Koto Kampuang Dalam, Padang Pariaman , pada pukul 03.15 WIB malam, Rabu (29/1/2020).

Walinagari Sikucua Induak, Melfiardi menjelaskan perihal itu, dikatakannya longsor diakibatkan karena curah hujan yang deras.

baca juga: Sempat Tersendat Akibat Longsor, Jalur Sumbar Riau Kini Sudah Lancar

"Iya, hujan semenjak malam hingga subuh, nah sekitar pukul tiga saya dapat laporan dari warga bahwa ada longsor di dua titik kawasan ini," kata Walinagari itu di lokasi longsor , Rabu 29 Januari 2020.

Lebih lanjut Melfiardi mengatakan, longsor mengakibatkan kendaraan tidak bisa melewati kawasan tersebut.

baca juga: Nenek 75 Tahun Ditemukan Meninggal di Jalan Nipah Padang

"Tak bisa dilewati oleh kendaraan, ada 5 Nagari yang terisolasi akibat longsor . Ada dua titik longsor yang besar di sini. Hingga sekarang kami bersama warga, Tentara dan Polisi masih melakukan evakuasi material longsor ," sebut Walinagari pukul 10.15 WIB.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke pada pihak BPBD Padang Pariaman .

baca juga: Ini 8 Tragedi yang Pernah Tercatat di Kalibata City

"Sudah kami laporkan ke pihak BPBD Padang Pariaman , kata mereka sudah menerjunkan anggota tapi belum tampak hingga sekarang," kata Melfiardi.

Pantauan KLIKPOSITIF , tampak warga beserta TNI dan Polri bekerjasama untuk membersihkan material longsor . Mereka menggunakan satu unit Sinshaw untuk memotong kayu yang terbawa longsor . Sementara untuk mengangkut dan menderek kayu material longsor warga menggunakan truk pengangkut pasir milik warga.

baca juga: Rakor Bawaslu Solsel Tentang Pengawasan Pilkada Hasilkan 5 Poin Komitmen

Sampai saat ini, Rabu (29/1) pukul 10.30 belum tampak pihak BPBD di lokasi. Saat dikonfirmasi Budy Mulya, Kepala BPBD Padang Pariaman mengatakan saat ini pihaknya sedang menangani titik longsor di lokasi yang lain padahal longsor di Sikucua merupakan titik terparah.

"Kami sedang menangani titik longsor yang lain," sebut Budy singkat sambil memutuskan panggilan telpon.

Diketahui, pada Korong Sungai Janiah terdapat 240 KK sedangkan Nagari Sikucua Induak terdapat sekitar 600 KK.

Menyoal lokasi longsor terjadi di kawasan hukum Limo Koto, Hijrul Aswad, Kapolsek Limo Koto tampak juga di lokasi. Hijrul Aswad mengatakan lokasi longsor merupakan jalan bertebing.

"Ini bukan longsor yang pertama kali di sini. Saat ini kami menerjunkan anggota ikut membantu membersihkan material longsor . Saat ini aliran listrik masih padam akibat material longsor menghempas tiang listrik hingga roboh," ungkap Kapolsek.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri