Merinding, Teriakan Wuhan Jiayou Menggema di Tengah Malam "Kota Mati" Tiongkok

Teriakan warga Wuhan, China yang saling menguatkan satu sama lain.
Teriakan warga Wuhan, China yang saling menguatkan satu sama lain. (Twitter)

KLIKPOSITIF - Mewabahnya virus Corona atau penyakit dengan nama resmi novel coronavirus (2019-nCoV) membuat kota Wuhan, Tiongkok, terpaksa diisolasi dan membuat warga yang tinggal di sana tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Wuhan pun tampak seperti kota mati.

Di tengah ketakutan akan virus itu, sebuah video berdurasi 15 detik yang merekam situasi malam hari di Kota Wuhan beredar di media sosial. Video tersebut menarik perhatian warganet karena terdengar sahutan para warga yang meneriakkan, "Wuhan Jiayou!"

baca juga: Peneliti Inggris Temukan Celah Baru untuk Hentikan Pandemi

Video yang dibagikan oleh akun Instagram @ayulrast pada 27 Januari itu diketahui direkam pada pukul 21.15 waktu setempat.

Menurut keterangan pemilik akun, ia tidak sengaja membuka jendela tempat tinggalnya dan mendengar banyak masyarakat di sekitar meneriakkan "Wuhan Jiayou" yang berarti "Semangat Wuhan".

baca juga: Meski Tiga Negara Besar Absen, Program Vaksin WHO Terus Jalan

"MasyaAllah terharu sekali malam ini. Tepat pukul 21.15 nggak sengaja buka jendela, banyak banget teriakan dari masyarakat Wuhan yang bilang 'Wuhan Jiayou!' yang artinya 'Semangat Wuhan!' seketika merinding campur haru. Teriakan ini dilakukan untuk saling support satu sama lain, seluruh warga Wuhan, biar kita nggak ngerasa sendirian. Aku bener-bener kali pertama ngerasain pengalaman kayak gini. Semangat Wuhan. Semangat temen-temen Indonesia, jiayou!" tulis @ayulrast.

baca juga: Pilkada Tak Ditunda, Pemerintah Akan Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Tak hanya itu, video serupa namun direkam dari sudut yang berbeda juga diunggah akun Twitter China Xinhua News @XHNews pada tanggal yang sama. Dari video berdurasi 1 menit 2 detik itu merekam suara teriakan warga Wuhan yang saling bersahutan dari jendela apartemen. Mereka meneriakkan kalimat yang sama: "Wuhan Jiayou!"

"Menghangatkan hati: warga meneriakkan 'Wuhan, Jiayou' agar kota mereka bertahan meskipun ada kesulitan," tulis kantor berita China, Xinhua.

baca juga: DPR Uangkap Temuan Masih Adanya Pemotongan Dana BOS Madrasah

Hal itu membuat kata kunci Wuhan Jiayou menduduki Trending Topic Twitter Indonesia dengan cuitan sebanyak lebih dari 11.100 tweet.

Warganet pun turut memberikan dukungan kepada masyarakat yang tinggal di Wuhan dan tak sedikit yang mengaku tersentuh dengan video yang beredar.

"To be honest aku denger Wuhan Jiayou kali ini bikin nyesek. Biasanya teriak jiayou bikin semangat tapi kali ini nggak," tulis akun @terkodai.

"Gue nangis lihat video ini tanpa sadar air mata keluar dan hampir nangis. Emosional banget ternyata gue ya. Aku selalu mendoakan kalian! Wuhan Jiayou!" komentar @Jyaesthetic.

"Pagi buta dibuat mewek, saling menguatkan itu membuktikan kalau kalian baik-baik saja. Tetap bertahan yaa! Wuhan Jiayou! Stay safe yeorobun," tambah @whyputriiii.

"#coronavirus apa yang bisa kita lakukan? Janganlah mengaitkan musibah Wuhan dengan isu-isu tertentu agar tidak memanaskan suasana. Cukup bantu dan doakan yang terbaik untuk kondisi di Wuhan dan seluruh dunia. Dengan tidak menyebarkan HOAX pun sudah sangat membantu. Wuhan Jiayou," cuit @Kaitjen_id.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri