Menteri ESDM: Segera Komersialkan Hasil Penelitian Skala Laboratorium

Ilustrasi
Ilustrasi (ESDM)

KLIKPOSITIF - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif meminta agar hasil penelitian skala laboratorium yang telah dihasilkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) "LEMIGAS" dapat segera dikomersialkan.

Hal ini disampaikan Arifin saat meninjau beberapa fasilitas layanan dan laboratorium PPPTMGB "LEMIGAS" yang berlokasi di Cipulir.

baca juga: Ada 36 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 10 Agustus

Beberapa penelitian skala laboratorium yang diminta untuk dipersiapkan ke skala yang lebih tinggi di antaranya Organic Foaming Agent, Fluida Komplesi berbahan dasar garam organik monovalent, serta formula Surfaktan Enhance Oil Recovery untuk peningkatan produksi minyak.

"Zat aditif berbasis bahan organik tentunya lebih aman untuk lingkungan dan akan diminati oleh industri ", kata Arifin.

baca juga: DPR Minta Nadiem Perhatikan Kesenjangan Daerah Soal Kurikulum Darurat

Kepala PPPTMGB "LEMIGAS" Setyorini Tri Hutami menjelaskan sebagian besar perusahaan minyak dan gas bumi di tanah air sudah mempercayakan beragam pengujian sampel dan peralatan penunjang migas di unit yang dipimpinnya.

Untuk memperkuat riset dan kompetensi Arifin mengharapkan PPPTMGB "LEMIGAS" dapat memperbaharui peralatan agar bisa mengurangi biaya dan waktu pengujian.

baca juga: Anggota DPR Beri Catatan Soal Pemulihan Ekonomi COVID-19 dalam Omnibus Law

Arifin juga meminta agar pegawai lulusan strata tiga ditambah untuk meningkatkan kompetensi riset.

Menanggapi hal tersebut Kepala Badan Litbang ESDM , Dadan Kusdiana menjelaskan bahwa tahun ini PPPTMGB "LEMIGAS" sudah mengalokasikan 20 persen anggaran untuk pendidikan pegawai, beberapa di antaranya akan menempuh pendidikan di Jepang. (*)

baca juga: Jika Kembali Maju di Pilpres 2024, Ini Prediksi Lawan-lawan yang Akan Dihadapi Prabowo

Editor: Eko Fajri