Satu Sekolah di Pessel Terendam Banjir, Ratusan Pelajar Terpaksa Diliburkan

Perkarangan SMKN 1 Sutera terendam banjir di Pessel
Perkarangan SMKN 1 Sutera terendam banjir di Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sutera di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terpaksa meliburkan aktivitas belajar ratusan siswa akibat banjir yang melanda daerah setempat, Rabu 29 Januari 2020.

Kepsek SMKN 1 Sutera, Lili Suryani mengungkapkan, banjir hampir merendam seluruh bangunan dan perkarangan sekolah dengan ketinggian air di atas lutut orang dewasa pada pagi.

baca juga: Pilkada Tak Ditunda, Pemerintah Akan Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

"Hingganya kami tidak bisa melangsungkan belajar dan mengajar. Meski, sebagian guru dan murid sudah datang lebih awal," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, banjir mulai merendam sekolah tersebut akibat hujan lebat sekitar pukul 00.00 WIB sampai 04.00 WIB subuh. Hingga siang, air masih terus merendam dan 745 pelajar diliburkan.

baca juga: Hujan Deras di Kota Padang, Jundul Rawang Banjir Lagi

"Saat pagar dibuka banjir belum masuak ke pekarangan sekolah. Tapi, setelah beberapa jam tepatnya pukul 11.00 WIB banjir terus naik," jelasnya.

"Gedung yang terendam banjir diantaranya, ruang kelas (lokal), ruang guru dan kantor sekolah serta rungan tata usaha (TU)," terangnya.

baca juga: Korban Banjir di Muaro Painan dan Batangkapas Pessel Dievakuasi

Hingga berita ini dturunkan, lanjut Lili Saryani, pihaknya dan sebagian murid masih terus menginverisir fasilitas yang terendam. Meski, sebagian mobiler sudah basah akibat terendam banjir .

"Diantaranya ada buku-buku sekolah rusak karena basah. Lalu, lain itu alat elektronik juga beberapa arsip lainnya diruangan TU ikut basah," ucapnya.

baca juga: Warga Batangkapas Pessel Nekat Terobos Banjir

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri