Bahaya Corona, Mahasiswa Asal Padang Berusaha Keluar dari Cina

Irene sedang menghubungi anaknya melalui video call
Irene sedang menghubungi anaknya melalui video call (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Sebanyak 38 pelajar Indonesia yang berada di Cina sedang berusaha untuk kembali setelah merebaknya virus Corona sejak beberapa waktu lalu.

Stepanus Salim (20) seorang mahasiswa di Liuzhou City Vocational Colleg (LCVC) mahasiswa jurusan Internasional Tourism dan beberapa temannya, sedang berusaha untuk pulang ke Padang , Sumatera Barat pada Rabu 29 Januari 2020.

baca juga: Survei BPS: Perempuan Lebih Patuh Protokol Kesehatan COVID-19

Ibu Stepanus, Irene (46) saat diwawancarai KLIKPOSITIF .COM Rabu siang di rumahnya di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang mengatakan bahwa anaknya sedang dalam perjalanan ke Bandara di Guanzou.

"Tadi saat saya hubungi, anak saya masih dalam perjalanan ke bandara untuk berangkat ke Indonesia ," kata Irene.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Semen Padang Hospital Tambah 23 Tempat Tidur

Meskipun begitu, anaknya masih belum mendapatkan kepastian keberangkatan meskipun telah membeli tiket keberangkatan dari Cina , besok, Kamis 30 Januari 2020. "Anak-anak ini sudah membeli tiket dengan harga Rp7 juta dengan jadwal keberangkatan sekitar pukul 03.00 waktu setempat," ujarnya.

Irene menjelaskan untuk biaya kepulangan itu ditanggung masing-masing oleh orang tua pelajar yang berada di Universitas yang sama. Para mahasiswa itu rencananya kembali ke Indonesia menggunakan dua maskapai yaitu Garuda dan China Soulthern Airlaine.

baca juga: Soal Transparansi Anggaran COVID-19 di Pessel, DPRD Harap KPK Lakukan Audit

Irene menceritakan jika anaknya itu sudah berada di Negara Tirai Bambu selama dua tahun untuk menyelesaikan studinya. "Rencananya dia akan wisuda pada Mai 2020 mendatang dan untuk saat ini, kampusnya menyatakan seluruh mahasiswa diliburkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan karena virus ini," kata Irene.

Irene berharap anaknya bisa kembali ke Indonesia karena keadaan di Cina yang saat ini semakin parah. Meskipun harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli tiket pesawat.

baca juga: Pembuatan Vaksin Virus Corona Ancam Populasi Hiu

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani