Polda Sumbar Dukung Pemprov Dalam Penanggulangan Bencana

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, pihaknya siap mendukung dalam penanggulangan bencana yang terjadi di Sumbar.

Hal tersebut disampaikannya usai Apel Darurat Siaga Bencana 2020 Provinsi Sumbar di Lapangan Imam Bonjol Padang, Jumat (31/1/2020).

baca juga: Belajar Desain Otodidak, Pemuda Solok Ini Sukses Kembangkan Bisnis dengan Buka Distro Kaos Sendiri

"Prinsipnya jajaran Polri, TNI dan stakeholder lainnya kita akan mendukung, yang jelas seluruh komponen kita siap untuk membantu," katanya.

"Dari undang-undang penanggulangan bencana memang di tingkat provinsi adalah Gubernur, di tingkat kabupaten, Bupati dan ditingkat kota, Walikota," sambungnya.

baca juga: Tingkatkan Kinerja Pegawai, Ini Strategi Walikota Pariaman

Toni menambahkan, dukungan pihaknya sudah terlihat dari beberapa penanggulangan bencana di beberapa tempat di Sumbar.

Toni menyebut, sesuai prediksi dari BMKG untuk perkiraan cuaca, masih memungkinkan berdampak pada bencana alam. Diperkirakan sampai April mendatang.

baca juga: Bukittinggi Mundur dari Tuan Rumah TdS 2021, Ini Penyebabnya

"Kami mengatakan ini tidak terlambat, karena hanya kegiatan-kegiatan yang kemudian terjadwal, untuk kesiapan pelaksanaan apel bencana baru terlaksana hari ini," tuturnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Sumbar menggelar Apel Siaga Darurat Bencana sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 360-975-2019 Tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Banjir Bandang, dan Tanah Longsor.

baca juga: Terus Terjadi Kemacetan, Pasar Sayur Terminal Bukit Surungan Padang Panjang Segera Dipagar

Apel tersebut juga bertujuan agar upaya pengurangan resiko bencana dapat dilaksanakan secara cepat dan terkoordinir.(*)

Editor: Muhammad Haikal