Jokowi Sebut Tim Evakuasi WNI di Wuhan Gunakan Pesawat Berbadan Lebar

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan terkait penanganan evakuasi WNI usai meresmikan Underpass YIA di Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, Jumat (31/1)
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan terkait penanganan evakuasi WNI usai meresmikan Underpass YIA di Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, Jumat (31/1) (Humas/Jay)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyampaikan bahwa Tim pendahulu telah memasuki Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan melakukan persiapan penjemputan 243 warga negara Indonesia ( WNI ) yang ada di Wuhan dan sekitarnya.

"Insyaallah, tim evakuasi akan berangkat kurang dari 24 jam lagi dengan pesawat berbadan lebar agar mereka semua bisa diterbangkan ke Tanah Air," ujar Presiden Jokowi melalui akun media sosial Twitter yang diunggah pukul 21.15, Jumat (31/1) malam.

baca juga: Dipimpin Presiden Jokowi, Gubernur Sumbar Ikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda Virtual

Sementara itu, lanjut Presiden, di Indonesia, persiapan penerimaan juga terus dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku.

Sebagaimana disampaikan saat wawancara usai peresmian Underpass YIA, Presiden menyampaikan bahwa seluruh kegiatan evakuasi dikoordinasikan oleh Menteri Luar Negeri bersama seluruh menteri yang terkait, baik Menteri Kesehatan, Panglima TNI, kemudian Kepala BNPB, Kepala Pariwisata, Menteri Perhubungan dan semua yang terkait dengan ini.

baca juga: Soal Pernyataan Presiden Prancis, Ulama Ini Minta Jokowi Tegur Macron

"Karena ini juga merupakan sebuah pekerjaan besar," ujar Presiden Jokowi saat ditanya wartawan terkait penanganan evakuasi WNI usai meresmikan Underpass YIA di Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, Jumat (31/1), yang dikutip dari laman resmi setkab.

Editor: Haswandi