Ikuti Lomba Fotografi Sawahlunto Internasional Songket Carnaval

Fotografer SISCa 2015.
Fotografer SISCa 2015. (Ist)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Ratusan fotografer mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba fotografi, yang digelar seiring dengan pelaksanaan iven akbar Sawahlunto Internasional Songket Carnaval (SISCa) 2016, yang akan diselenggarakan, Kamis (25/8) mendatang.

“Sudah lebih dari seratus fotografer yang mendaftarkan diri dengan mengirimkan formulir ke surat elektronik panitia lomba,” ujar Kepala Bagian Humas Setdako Sawahlunto , Zainul Anwar, Senin (22/8).

baca juga: Kemenag Sawahlunto Gelar Lomba Tahfidz untuk Pelajar SD sampai SMA

Lomba fotografi yang mengusung tema Carnaval Songket 2016 itu, akan berjalan seiring dengan pelaksanaan carnaval songket Silungkang, yang akan dipusatkan di kawasan kota lama Sawahlunto .

Peserta lomba fotografi yang belum mendaftar, lanjut Bapak dua anak itu, dapat mendownload formulir pendaftaran melalui website Pemerintah Kota Sawahlunto , yakni www.sawahluntokota.go.id.
Pendaftaran peserta lomba sendiri, paling lambat diterima panitia pada 25 Agustus 2016 atau pada hari pelaksanaan carnaval, sebelum pukul 10.00 WIB.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Sekolah Yayasan Khairu Ummah Sawahlunto

Lomba fotografi carnaval songket kali ini, sudah untuk kedua kalinya. Tahun lalu, lomba yang sama melibatkan lebih dari 380 peserta. Peserta lomba fotografi memberikan warna tersendiri dalam pelaksanaan iven SISCa 2015 dan SISCa 2016 mendatang.

“Pelaksanaan lomba fotografi ini akan membuat semarak SISCa 2016 semakin meriah, dan menjadi bagian dari promosi tersendiri bagi iven yang tahun lalu tercatat dalam rekor Museum Rekord Indonesia,” ujar Zainul.

baca juga: Karutan Sawahlunto Raih Penghargaan Peringkat Pertama Atas Nilai Kinerja Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Terbaik Semester I 2021

Sementara itu, Walikota Sawahlunto , Ali Yusuf mengatakan, pelaksanaan lomba fotografi akan semakin memeriahkan iven yang bertujuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat Sawahlunto melalui kerajinan tradisional tenun songket Silungkang.

Bagi Ali Yusuf, lomba fotografi akan mengangkat promosi tenun songket Silungkang ke level yang lebih tinggi. Tentunya, akan memberikan efek semakin meluasnya pasar dari produk kerajinan yang telah ada semenjak lebih dari seratus tahun silam itu.

baca juga: Keliling Sawahlunto Sebar Bantuan, Andre Rosiade: Apapun Partainya, Mari Bangun Sumbar

“Target Sawahlunto hari ini, setelah promosi dan semakin meluasnya pasar songket Silungkang, akan diangkatnya tenun songket Silungkang sebagai pakaian nasional. Mudah-mudahan terwjud,” pungkasnya.

Penulis: Pundi F Akbar