Anggota DPRD Tanah Datar Minta Pembangunan Nagari Berdasarkan Kebersamaan

Musrenbang di Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang
Musrenbang di Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang (ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF - Anggota DPRD Tanah Datar Yalpema Jurin mengingatkan masyarakat dalam membangun nagari harus dilandasi kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan.

"Satukan niat dalam membangun nagari , jaga kebersamaan, rencanakan kegiatan dengan matang, dan letakan seseorang sesuai tupoksinya," ucap Yalpema pada Musrenbang Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang, Selasa 4 Februari 2020.

baca juga: Dalam Masa Pandemi, 10 Ribu Orang Akan Berkumpul Saat HUT Kota Padang

Ia mengharapkan melalui Musrenbang nagari ini dapat mewujudkan perencanaan pembangunan berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan yang mendesak untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Wali Nagari Tanjung Faze Andrif mengatakan tema musrenbang tahun ini untuk melaksanakan pembangunan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

baca juga: Bantu Atasi Krisis Darah, Dinas Perdagangan Adakan Kegiatan Donor Darah

Faze menyebut Pemerintah Nagari Tanjung menyiapkan anggaran pembangunan Rumah Warga Tak Layak Huni yang berasal dari Bantuan Khusus Bersifat Khusus (BKBK) tahun 2020 sebesar Rp135 juta untuk delapan kepala keluarga (KK).

Selain itu, kegiatan yang juga didanai BKBK adalah lanjutan pembangunan jalan usaha tani Ateh Guguak - Kosiak sebesar Rp40 juta, dan belanja modal Laptop sebesar Rp5 juta.

baca juga: PMI Padang Krisis Darah Selama Pandemi

"Untuk melaksanakan pembangunan tahun ini, kita memiliki anggaran sebesar Rp2,031 miliar yang berasal dari pendapatan transfer sebesar Rp1,605 miliar dan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2019 sebesar Rp425,849 juta," ucap Faze.

Sementara itu, Sekretaris Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Yonasri memyampaikan dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

baca juga: Meski Tatap Muka Ditiadakan, Para Guru di Pessel Tetap Masuk Sekolah

"Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah," ucap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB Tanah Datar ini.

Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Khairul Abdi dan Benni Apero, pimpinan OPD, Camat Sungayang Yetriwel, Kapolsek AKP Syahnimar, para wali nagari dan tokoh masyarakat. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani