Pendaki Gunung Marapi Terjatuh saat Turun dari Tugu Abel

Pendaki terjatuh di cadas Gunung Marapi dan mengalami luka-luka
Pendaki terjatuh di cadas Gunung Marapi dan mengalami luka-luka (Tim Rescue Marapi)

AGAM, KLIKPOSITIF - Seorang pendaki dilaporkan terjatuh di cadas Gunung Marapi , Minggu 9 Februari 2020. Akibat kejadian itu, korban mengalami luka-luka.

Untuk evakuasi korban, Tim Rescue Marapi dilaporkan telah tiba di lokasi kejadian pada Minggu sore. Sementara Tim Basarnas Limapuluh Kota, Pos SAR juga menerjunkan 15 personel yang dibagi ke dalam dua regu.

baca juga: PGA: Marapi Tak Terpengaruh Gempa Tadi Malam

Komandan Pos SAR Robi Saputra yang didampingi Unit Siaga Komunikasi Basarnas 50 Kota Jefri Hunter mengatakan, mereka baru mendapat laporan kejadian tersebut sekitar pukul 14.00 WIB, kemudian langsung mengerahkan tim ke lokasi kejadian.

"Kami berjumlah 15 orang dan nantinya ditambah dukungan dari kawan-kawan setempat serta Bukittinggi Rescue. Kami langsung berangkat setelah mendapat laporan," kata Robi Saputra dan Jefri Hunter kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: Sore Tadi, Pendaki Yang Tersesat di Marapi Sudah Dibawa Turun

Ia menjelaskan target tim harus sampai sebelum matahari tenggelam atau kondisi gelap. Ia berharap semoga cuaca dapat mendukung sehingga proses evakuasi dapat terlaksana dengan baik dan korban dapat segera tertolong.

"Diperkirakan sebelum gelap sudah sampai pesanggrahan kembali bersama korban. Semoga dalam waktu cepat sekitar 2-3 jam proses evakuasi berjalan dengan lancar. Langkah awal nanti yang akan kita lakukan adalah pemeriksaan fisik terhadap korban," kata Robi.

baca juga: Sempat Tersesat, Tujuh Pendaki di Gunung Marapi Ditemukan Selamat

Sementara itu, Jefri Hunter menambahkan pengecekan fisik dilakukan agar tidak ada terjadi cidera serius yang dialami korban, kemudian dilakukan tindakan pertama agar korban dapat tenang serta selamat.

"Nanti kami akan lakukan pemeriksaan fisik yang bertujuan agar tidak ada cidera berisiko. Kemudian tentunya dilakukan tindakan pertama dan mudahan tidak ada cidera yang mengkhawatirkan," ujar Hunter.

baca juga: Kembali Dibuka, Ribuan Pendaki Padati Marapi dan Singgalang

Untuk data korban, Hunter mengatakan korban bernama Rehan Fadilla yang berusia 17 tahun yang diperkirakan jatuh pukul 10.00 WIB tadi. Pendaki ini berasal dari Kota Padang bersama temannya Arif Pratama yang jatuh saat akan turun dari Tugu Abel.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi