Video Pol PP Ikut Bingkai Baliho Hendrajoni Beredar, Bawaslu Pessel Bakal Gali Informasi

Screenshot video Pol PP ikut membingkai Baliho Petahana Hendrajoni
Screenshot video Pol PP ikut membingkai Baliho Petahana Hendrajoni (ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal mengumpulkan informasi terkait beredarnya video personel Satpol PP Pessel yang ikut membingkai baliho Hendrajoni.

Video personel Satpol PP yang membingkai Baliho Hendrajoni saat itu bukanlah gambar sebagai Bupati Pessel . Tetapi, diindikasikan Hendrajoni sebagai bakal balon (balon) bupati Pilkada 2020.

baca juga: Bawaslu Pessel Temukan Dua Oknum yang Diduga Langgar Netralitas PNS

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison mengaku, baru menerima video tersebut, dan untuk menindaklanjuti pihaknya bakal menggali kebenaran video tersebut sebegai informasi awal. "Untuk ada indikasi pelanggaran, kita akan lakukan penggalian terlebih dahulu. Salah satunya, untuk memastikan kebenaran video itu," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Senin 10 Februari 2020.

"Kalau benar informasi itu (video Satpol PP). Baru, kami lakukan penulusuran," ujarnya.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Terus Bertambah, Total Hingga Hari Ini Sudah Tercatat 253 Orang

Sejauh ini, terkait pelarangan ASN, kata Erman Wadison sudah diatur dalam UU Nomor:10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota, Pasal 71 ayat (1). Namun, hal itu terkait pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, dan kepala desa atau sebutan lain/lurah.

Sedangkan, untuk kajian khusus ASN diatur dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negera (ASN). Di mana di dalam undang-undang tersebut, ditegaskan pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Erman mengatakan hal itu dijelaskan, dalam pasal 2, 5 dan 9. Salah satunya ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

baca juga: KPU Pessel Belum Tetapkan Besaran Dana Kampanye Peserta Pilkada 2020

"Kalau dari ASN itu, dilarang memasang spanduk, kalau tidak ASN maka kita minta kepada pihak terkait untuk melakukan pembinaan," ujarnya.

Belakangan ini beredar video seorang personil berpakaian Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pesisir Selatan ikut membingkai baliho Hendrajoni. Hendrajoni adalah seorang petahana yang digadang-gadangkan bakal ikut bertarung kembali pada Pilkada tahun ini.

baca juga: Soal Transparansi Anggaran COVID-19 di Pessel, DPRD Harap KPK Lakukan Audit

Dalam video yang berdurasi 0.05 detik itu, tampak seorang personil Satpol PP memasang baliho Hendrajoni dengan indikasi politik. Dia berpakaian baju kaos abu-abu, dipunggung bertulisan Satpol PP, celana dinas warna (coklat muda) dan sepatu PDL warna hitam.

Personil Satpol PP yang terlibat membikai baliho ini bersamaan dengan dua orang masyarakat di rumah Aspirasi Lisda di kawasan jalan Rawang Painan.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani