Ini Kata Polisi Terkait Dugaan Penculikan Anak di Teluk Bayur

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kapolsek Lubuk Begalung AKP Andi P Lorena menepis kabar penculikan anak yang beredar di media sosial dan diduga penculikan tersebut terjadi di kawasan di Gaung, Teluk Bayur , Kota Padang .

Kabar tersebut diunggah dalam video tentang aksi penculikan anak di salah satu Mesjid yang berada di Gaung, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang , Minggu (9/2/2020).

baca juga: Pemko Padang Kekurangan Anggaran untuk BLT Kedua

Andi menambahkan, pihaknya memang telah mengamankan seorang wanita yang sebelumnya diamankan oleh masyarakat dan di serahkan ke Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Teluk Bayur . Kemudian, wanita tersebut diserahkan ke Polsek Lubeg.

"Kabar penculikan anak ini tidak lah benar, karena yang bersangkutan adalah orang dengan gangguan jiwa yang memang senang bermain dan ngobrol bersama anak-anak," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Selasa (11/2/2020).

baca juga: Akui Demi Subscriber, Youtuber "Daging Kurban Sampah" Terancam Hukuman 10 Tahun

Andi menyebut, beruntung perempuan tersebut tidak kenapa-kenapa oleh warga. "Yang bersangkutan merupakan orang asing dan baru pertama kali terlihat di wilayah tersebut, hingga muncul kecurigaan warga bahwa yang bersangkutan di isukan akan menculik anak," sambungnya.

Andi juga menyebut, saat ini wanita tersebut telah di bawa ke kampungnya di Kabupaten Sijunjung oleh pihak keluarga. Dari cerita anaknya, ibunya sudah mengalami gangguan jiwa sejak 5 tahun lalu disebabkan masalah rumah tangga.

baca juga: ITP, Kampus Pencetak Mahasiswa yang Siap Berkompetisi dalam Dunia Industri

"Hingga saat itu, yang bersangkutan sering hilang dari rumah. Bahkan dia sudah ke mana-mana dijemput keluarga," tambahnya.

Andi meminta kepada masyarakat untuk mengecek kebenaran sebuah informasi. "Jangan mudah termakan berita-berita yang faktanya masih diragukan," tuturnya.

baca juga: Demi Konten, YouTuber Ini Bagikan Paket Daging Kurban ke Warga Miskin Tapi Isi Sampah

Sebelumnya video dugaan percobaan penculikan anak viral di jagat maya facebook, Minggu, 9 Februari 2020. Diduga, video yang diupload oleh akun facebook atas nama Ikhlas itu, terjadi di kawasan Gaung, Teluk Bayur , Kota Padang .

Akun atas nama Ikhlas itu juga menulis "Pencurian anak di Gaung Tadi Penyamatan Wanita Tp aslinya Cowok". Dan, dalam video berurasi 45 detik tersebut, terlihat terduga pelaku mengenakan jilbab warna hitam, bacu coklat dan rok warna pink, diamankan puluhan massa.

Salah seorang dalam video itu mengatakan 'pancilok anak, antaan ke KP3 itu a' (penculikan anak,red) antar saja ke Kapolsek KP3 Teluk Bayur ,red). Kemudian dalam video tersebut, juga terlihat sejumlah warga tengah mengabadikan terduga pelaku menggunakan kamera android.

Video dugaan penculikan anak itu telah dibagikan oleh netizen sebanyak 1.665 kali dan telah tayang sebanyak 53.823 tayangan. Warganet pun ramai-ramai mengomentari video tersebut.

Akun atas nama Alif Yuda mengomentari;Baka se lai. Desmiza Sri Indah;Bunuah x,kok ndk baka iduik2, dan akun atas nama Mhd Ridwan menulis;Potong tangannyo bia ndak bs nyo mancilok lai.

Kemudian, akun facebook lainnya, Syilivia Herlena mengomentari;Anak yg mau dicuri itu rencananya 5 orang mau di amblil sekalian. Tp pas si penculik berkata cepat datangkan mobil.kpd teman2 penculiknya..dan berkata.korbn sdh didepan mata. Anak2 tsb malah kabur lari terbirit2..dan sipenculik di kepung warga.

Selain video dugaan penculikan anak , juga viral sebuah tulisan soal dugaan penculikan anak melalui berbagai media sosial. Tulisan itu berbunyitd pagi di mesjid...adoh padusi sumbayang di mesjid subuah tadi... Tapiiii inyooo alah siap sholat alun juo kalua laiii....setelah anak 2 didikan subuah usai...yooo baru lo tagak...jadiiii...inyo tagak di balakang anak2 didikan subuah ko adoh lah sekitar 5 urg...tampa yo sadari..inyo tlp kawan yooo....kicek yooo...ko adoh aaaa...kicek yooo 5 urg...siap2 lah oto laiiii...nan yo kicek an ka kawan yo tue...tarangga jo anak2 nan 5 tadiii...anak2 tue lariiii...nampak lah jo si boyon anak gaung juo...yo kaja paja ko tadi....ternyata inyo ndak padusi dohhh ...inyo laki 2... Dan itu pun rencana yo ka manculiak 2 anak ko...marasai lah yo ba.e jo pemuda gauang...dan urg tue kini di kantua kp 3..tatahan...jadi ambo maimbau ka pado apak2 jo ibk 2...mohon jaga anak2 yooo...penculiakan ko lah marak di padang...dan tolong sampaikan ka warga..wasalam Kejadian tdi pagi di gauang taluak bayua..(*)

Editor: Muhammad Haikal