Polresta Padang Musnahkan Knalpot Racing

Pemusnahan Knalpot Racing di Mapolresta Padang
Pemusnahan Knalpot Racing di Mapolresta Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ratusan knalpot bersuara bising dimusnahkan di Mapolresta Padang, Kamis (13/2/2020). Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Tri Himawan mengatakan, ratusan knalpot tersebut didapat dari hasil operasi razia rutin dan antisipasi penindakan balap liar.

"Knalpot bersuara bising itu tidak sesuai dengan ketentuan, para pelanggarnya dikenakan pasal 285 ayat 1 undang-undang 22 tentang lalu lintas dengan denda sebesar Rp1 juta," katanya.

baca juga: Polresta Padang Ungkap Peran Tiga Tersangka Penggelapan Mobil

Yulmar menambahkan, pihaknya melakukan penindakan kepada 160 kendaraan yang dicopot knalpotnya, mulai dari kendaraan mobil dan sepeda motor.

Pemusnahan knalpot dilakukan dengan mesin pemotong. Adapun knalpot yang disita dan kemudian dimusnahkan itu, memiliki ukuran beragam. Serta merek dan jenis yang bermacam.

baca juga: Polresta Padang Tunggu Saksi Ahli Untuk Lengkapi Berkas Kasus Skimming

"Ini penindakan selama satu bulan terkahir, kita selalu mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa sering terjadi balap liar, rata-rata mengunakan knalpot yang tidak sesuai ketentuan," tuturnya.

Yulmar menyebut knalpot yang bersuara bising serta aksi balap liar sangat meresahkan masyarakat. Pihaknya akan selalu mengantisipasi dan menekan aksi tersebut dengan rutin melakukan operasi razia.

baca juga: Satlantas Polresta Padang Akan Gelar Operasi Zebra, Ini Jenis Pelanggaran yang Bakal Ditindak

"Kami akan terus menekan aksi balap liar yang biasanya berujung anarkis seperti tawuran. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai aturan," pungkasnya kemudian.(*)

Editor: Muhammad Haikal