RS Bunda BMC Padang Kerja Sama dengan Disdukcapil dalam Pembuatan Akta Kelahiran

Penandatangan MoU antara RS bunda BMC Padang dengan pihak Disdukcapil Kota Padang
Penandatangan MoU antara RS bunda BMC Padang dengan pihak Disdukcapil Kota Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan yang baru melahirkan, RS Bunda BMC Padang jalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Padang dalam pembuatan akta kelahiran.

"Pelayanan extra ini gratis, yakni berupa pengurusan akte kelahiran di Disdukcapil , dengan beberapa syarat. Diantaranya, KTP orang tua haruslah KTP Padang. Alamat orang tua yang tercatat di KK juga harus alamat Padang. Hal ini demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang melahirkan buah hati di RSU Bunda BMC Padang," ujar Direktur RSU Bunda BMC Padang, dr. Helgawati, MM.

baca juga: Kubus Apung Dipasang Kembali, DLH: Lokasi Ini Lebih Pas

Menurutnya, kerja sama ini dapat menjadi terobosan untuk membantu masyarakat Kota Padang . Ia sangat mendukung inisiasi kerjasama bersama Disdukcapil Kota Padang dalam menjemput bola melayani warganya.

Nantinya, pihak rumah sakit Bunda BMC Padang akan membantu orangtua bayi dalam membuatkan akta kelahiran dan KK yang baru.

baca juga: Pemko Padang Kekurangan Anggaran untuk BLT Kedua

"Ketika ada bayi yang lahir di sini, orangtua cukup serahkan kelengkapan surat-surat seperti KTP suami istri dan KK. Untuk warga Kota Padang yang melahirkan di RSU Bunda BMC Padang yang hendak mengurus pembuatan akta kelahiran dan KK, hanya perlu menyiapkan dokumen seperti KTP suami-istri dan KK," ujarnya.

Per 14 Januari 2020 ini, warga Kota Padang sudah dapat menikmati pelayanan ini. Jadi, bisa mempermudah orang tua bayi dalam mengurus surat kelahiran.

baca juga: Pemkab Pessel Kucurkan Rp6,7 Miliar untuk Bangun Gedung Penyakit Paru di RSUD Painan

Di sisi lain, menurut Kepala Disdukcapil Kota Padang , Muji Susilawati mengatakan, pihaknya menggandeng RSU Bunda BMC Padang untuk mendukung kinerja Disdukcapil . Disdukcapil ingin memberikan pelayanan terhadap warganya yang hendak langsung memiliki akta kelahiran ketika anaknya baru lahir.

"Tak hanya akta kelahiran tapi juga kami berikan kartu keluarga (KK) yang baru," tambahnya.

baca juga: ITP, Kampus Pencetak Mahasiswa yang Siap Berkompetisi dalam Dunia Industri

Editor: Khadijah