Fisik Bangunan tak Sesuai dengan IMB, Dua Petak Ruko di Payakumbuh Disegel

Penyegelan dua petak ruko di Kota Payakumbuh disegel, Kamis (13/2).
Penyegelan dua petak ruko di Kota Payakumbuh disegel, Kamis (13/2). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Tidak sesuainya fisik bangunan dengan data yang tertera di Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dikantongi membuat dua ruko yang terletak di Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat disegel oleh Tim Penertiban Bangunan Kota Payakumbuh , Kamis (13/2).

Penyegelan dilakukan dalam rangka menegakkan aturan yang ada sesuai dengan Peraturan Wali Kota Payakumbuh Nomor 82 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan dan Pengendalian Bangunan.

baca juga: Jasa Pengiriman Paket di Payakumbuh Didominasi Rendang

Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Payakumbuh , Eka Diana Rilva menyebut, kedua bangunan tersebut sebenarnya sudah memiliki IMB yang dikeluarkan pada 2016 lalu. Namun, fisik yang dibangun pemilik tidak sesuai dengan data yang terdapat di IMB tersebut.

Sebelum dilakukan penertiban, pemilik ruko tersebut juga telah diberikan surat teguran dari tim internal dinas PUPR namun tidak diindahkan.

baca juga: Disetujui DPRD, Pemko Payakumbuh Siapkan Penambahan Lahan untuk Masjid Agung

"Bangunan ini kita segel karena menyalahi aturan IMB," ujar Eka, Kamis (13/2).

Pada saat penyegelan pemiliki dua petak toko tersebut tidak berada di lokasi karena sedang berada di Pekan Baru. Tim penyegelan kemudian menghubungi salah seorang anaknya via ponsel untuk menyampaikan terkait penyegelan tersebut.

baca juga: Payakumbuh Dinilai Sukses Integrasikan SPBE, Riza Didapuk Sebagai Narasumber Oleh BPK RI Sumbar

Lurah Nunang Daya Bangun, Ari Ashadi menyebut, penertiban yang dilakukan adalah bentuk pengambilan langkah tegas yang dilakukan oleh Pemko Payakumbuh .

"Sesuai dengan arahan Pak Kadis PU dalam rapat sebelumnya bahwa tahun 2020 ini tidak ada kompromi untuk bangunan yang melanggar aturan. Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi aturan terkait pendirian bangunan" ujarnya. (*)

baca juga: Ini Sejumlah Persoalan di PDAM Payakumbuh yang Mesti Dibenahi

Editor: Taufik Hidayat