Banjir dan Longsor Tutup Akses Jalan di Alahan Panjang Kabupaten Solok

Banjir dan longsor menutup jalan di Alahan Panjang
Banjir dan longsor menutup jalan di Alahan Panjang (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Musibah longsor dan banjir terjadi di kawasan Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok , Kamis (13/2/2020).

Bencana alam tersebut sempat melumpuhkan akses jalur utama masyarakat sekitar, lantaran badan jalan tertimbun material sepanjang lebih kurang 400 meter.

baca juga: Akses Kelok 44 Ditutup Total Mulai Hari Ini, Pengendara Harus Lewati Jalan Lain

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok , Armen, banjir sekaligus longsor terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Diduga, musibah terjadi akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut.

"Betul, musibah banjir dan tanah longsor terjadi sore tadi di kawasan Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek, Nagari Alahan Panjang," sebut Armen menjawab KLIKPOSITIF .

baca juga: Kasus COVID-19 Naik Drastis di Kabupaten Solok, Lima Hari 6 Kasus Baru

Menurutnya, ribuan masyarakat sempat terjebak dan tidak bisa kembali, apalagi hari tadi bertepatan dengan pasar mingguan di Talang Babungo dan Alahan Panjang.

Jalan tersebut merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan Nagari Talang Babungo, Sariek Alahan Tigo, Sungai Abu, Alahan Panjang dan lainnya.

baca juga: Mundur, Agus Syahdeman Batal Berpasangan dengan Desra di Pilkada Kabupaten Solok

"Mendapat kabar ada bencana, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan dibantu dari berbagai unsur relawan kebencanaan serta aparat TNI-Polri langsung terjun ke lokasi," terangnya.

Berkat swadaya tim dan masyarakat, pada pukul 20.35 WIB tadi, akses jalan sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

baca juga: Sudah 17 Kasus, Ini Sebaran Kasus COVID-19 di Kabupaten Solok

Pihaknya masih menunggu alat berat dari dinas terkait untuk membersihkan material longsor sehingga arus lalu lintas kembali normal.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi