Ini Kapal Evakuasi Bencana 7 Daerah di Perairan Sumbar

Kapal evakuasi bencana di daerah perairan di Sumbar
Kapal evakuasi bencana di daerah perairan di Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Sumatera Barat mengungkapkan, saat ini Sumbar telah memiliki kapal cepat yang mampu menjangkau daerah perairan dengan cepat, dalam rangka evakuasi kebencanaan.

Kelaksa BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, Sumbar memiliki 7 daerah perairan dengan jumlah penduduk lebih dari sejuta penduduk. Jika terjadi bencana sulit dijangkau.

baca juga: Karena Hal Ini, Helikopter BNPB Terbang Rendah di Kabupaten Solok

Tujuh daerah perairan tersebut yakni, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Agam, Pariaman Kota Padang dan Kota Pariaman.

"Sekarang kita sudah punya kapal cepat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) dilengkapi dua unit masin 200 PK dengan kecepatan maksimal bisa mencapai 30 Knot," ujarnya saat uji coba kapal bersama awak media kemarin.

baca juga: Hujan dan Badai Melanda, BPBD Pessel Ingatkan Hal Ini

Dijelaskannya, kapal tersebut berkapasitas 20 orang sehingga cukup bisa diandalkan untuk penaggulangan bencana di perairan.

"Kapal kita ini juga dilengkapi dengan fasilitas kebencanaan," ujar Erman Rahman.

baca juga: Sungai Batang Bayang Meluap, Ratusan Rumah di Pasbar Sempat Terendam

Disampaikan, kapal tersebut bisa menjangkau Mentawai dalam waktu 3 jam saja. Padahal jika menggunakan kapal biasa lebih dari 3 jam.

"Saat bencana di daerah perairan, kita langsung jangkau dengan kapal ini dengan cepat, sehingga penanganan bencana cepat," tukasnya. (*)

baca juga: Bali Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia Pilihan Wisatawan

Editor: Joni Abdul Kasir