Kodim Pasaman Renovasi Lima Rumah Veteran TNI AD di Pasbar

ilustrasi: Personel TNI menjalankan program RTLH
ilustrasi: Personel TNI menjalankan program RTLH (net)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Lima unit rumah milik para Veteran TNI AD direnovasi oleh personel Kodim 0305 Pasaman dalam rangka program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Program bedah rumah ini kerjasama kita dengan BUMN, melalui pihak Pengadaian."kata Dandim 0305 Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramunditho didampingi Pasiternya Kapten INF Lilik Suariant Rabu, 24 Agustus

baca juga: Dua Pejabat Positif COVID-19, Aktivitas Disdikbud Pasaman Barat Ditutup Sementara

Cosmas mengatakan dari lima rumah tersebut tiga unit diantaranya terletak di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), di Jorong Koto Pinang, Nagari Ujung Gadaing ,Kecamatan Lembah Melintang, Bustami (88), di Gang Saroha Nagari Lingkuang Aur Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Ranah Batahan. Sedangka dua unit lainnya terletak di Kabupaten Pasaman

Dia menjelaskan kegiatan bedah rumah ini adalah bentuk bakti KOdim 0305 Pasaman kepada masyarakat. Pasalnya untuk merenovasi satu unit ini hanya dikucurkan dana sebesar Rp 40 juta. Jika pengerjaannya diserahkan kepada kontraktor dana sebanyak itiu tidak akan cukup.

baca juga: Peduli Lingkungan, Pemuda Maligi Bebaskan Sungai dari Sampah Plastik

"Kita sangup sebab para pekerjanya merupakan Anggota ABRI yang siap mengabdi pada masyarakat dan Negara," kata Cosmas.

Cosmas mengatakan pihaknya akan terus menjalankan program RTLH ini. Khusunya kepada para veteran yang kini hidup serba kekurangan terutama masalah tempat tinggal.

baca juga: Rehabilitasi Terumbu Karang, Seribu Miniatur Rumah Gadang Bakal di Tanam di Laut Pasbar

"Kita akan terus gencarkan program tersebut, di wilayah Kodim 0305 Pasaman agar para veteran bisa menikmati masa tuanya dengan tentram," ungkap Cosmas.

Salah seorang penerima program ini Saimar(87) mengatakan dirinya dan keluarga sangat berterimakasih, terutama pada Kodim 0305 Pasaman yang telah melakukan rehab rumah ini. Rumahnya yang dulu sangat memperhatinkan, namun sekarang telah berdiri kokoh. Program RTLH ini, kata dia, benar-benar sangat bermanfaat terhadap beberapa veteran , yang kini hidup dengan penuh kekurangan.

baca juga: Partai Ummat Minta Pemda Pasbar Jangan Bertumpu Pada APBD Semata, Ini Alasannya

"Semoga program ini terus berkelanjutan, dan para veteran-veteran lain juga mendapat perbaikan rumah seperti saya ini," ujar Saimar.

[Malin Marajo]

Penulis: Ramadhani