Sumber Radiasi Nuklir di Serpong Ditemukan, BATAN Lakukan Penelitian

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengaku telah menemukan sumber radiasi nuklir di depan Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan. Sumbernya lantas langsung diteliti oleh pihak BATAN.

Kabag Humas BATAN, Purnomo mengatakan kawasan radiasi nuklir itu sedang diamankan. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut soal sumber radiasi nuklir itu.

baca juga: Ingin Jadi Polisi, Pemain Muda Bali United Ini Pilih 'Pensiun'

"Sumber radiasinya telah ditemukan dan saat ini sedang diteliti di laboratorium di BATAN," ujar Purnomo saat dikonfirmasi, Sabtu (15/2/2020).

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan pembersihan radiasi Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Lokasi yang menjadi awal mula kejadian ini disebutnya berada di tengah kebun kosong tak berpenghuni.

baca juga: Tak Mampu Beli Hp, Siswa Ini Pilih Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19

"BATAN bersama BAPETEN telah melakukan tindakan pengamanan dan penyelamatan. Batan sedang melakukan proses clean up terhadap lahan yang terpapar," jelasnya.

Sedangkan tanah dan tumbuhan yang terpapar radiasi nuklir sudah dibawa oleh pihaknya. Nantinya vegetasi itu akan ditangani sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP) penanganan limbah nuklir .

baca juga: Jokowi Minta Jajarannya Fokus Turunkan Angka Stunting di 10 Provinsi Ini

"Sedangkan tanah dan vegetasi yang terpapar disimpan dalam penyimpanan limbah radioaktif di BATAN dan dilakukan penangan limbah sesuai SOP," pungkasnya.

Diketahui, sebuah perumahan di Serpong, Tangerang Selatan terkontaminasi radiasi nuklir. Tepatnya di Perumahan Batan Indah.

baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Jokowi: Jangan Malah Menimbulkan Klaster Baru COVID-19

BAPETEN meminta warga untuk tidak memasuki lokasi tersebut.

Kepala Biro Hukum, Kerja sama dan Komunikasi Publik BAPETEN, Indra Gunawan, mengatakan demi alasan keselamatan warga diminta untuk tidak memasuki lokasi terdampak kontaminasi hingga batas trotoar dan lapangan voli.

Sebelumnya, pada 30 dan 31 Januari 2020, BAPETEN melakukan uji fungsi dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.

Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar), namun pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli blok J. (*)

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri