TR Pelaku Curanmor di Pasbar dengan Berbagai Modus Diringkus Polisi

Pelaku saat diamankan di Polsek Talu
Pelaku saat diamankan di Polsek Talu (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - TR (20) seorang pelaku curanmor mengaku, kepada polisi telah melakukan aksi pencurian sebanyak empat unit sepeda motor di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumatera Barat.

"TR awalnya diamankan, setelah adanya laporan telah melakukan pencurian di Jambak Jalur 8, Jorong Jambak, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman," sebut Kasubag Humas Polres Pasbar , AKP Defrizal, pada Sabtu (15/2/2020).

baca juga: Ambil Layang-layang Putus di Rumah Warga, Tukang Parkir Tersengat Listrik di Simpang Alai Padang

TR dibekuk oleh Opsnal Satreskrim Polres dan Unit Reskrim Polsek Talamau pada Jumat (14/2/2020) malam. "Dari keterangan pelaku, ia telah melakukan pencurian sepeda motor sebanyak empat unit diantaranya, satu unit Yamaha Mio Sport dan tiga unit Honda Beat.

Ia memaparkan, pelaku ditangkap berdasarkan pengaduan atau laporan pada 14 Februari 2020 tentang tindak pencurian kendaraan bermotor pada Sabtu, 11 Januari 2020 di Jambak Jalur 8 Jorong Jambak Nagari Lingkung Aua Kecamatan Pasaman.

baca juga: Stok Darah Semakin Berkurang, PMI Padang Imbau Masyarakat Tidak Takut Donor

Dalam keterangan pelapor, pelaku mencuri sepeda motor Yamaha Mio Sporty milik korban bernama Andika, dengan modus pelaku meminjam sepeda motor milik korban, dengan alasan untuk membeli nasi bungkus.

Setelah dipinjamkan, pelaku membawa kabur sepeda motor milik korban. Akibat kejadian itu, korban langsung melaporkan peristiwa yang dialami ke Polres Pasaman Barat.

baca juga: DPRD Pasbar Pertanyakan Penyusutan Area TPA yang Tinggal 2 Hektare

Ditempat lain, ada laporan terhadap pelaku pada 26 Januari 2020, dengan tempat kejadian di tepi jalan Raya Durian Banyak, Jorong Tinggam Nagar Sinuruik Kecamatan Talamau pada 14 Februari 2020.

Defrizal menjelaskan, awal kejadia, waktu itu korban bernama Agung membawa sepeda motor merk Honda Beat warna putih biru. Kemudian, mengantar kan orang tua nya bernama Salim ketempat kerjanya, di Koto Lanjang Talu, Kecamatan Talamau.

baca juga: Kasus Kembali Bermunculan, Zona Hijau COVID-19 di Sumbar Tinggal Empat Daerah

Namun, tiba tiba di tepi jalan raya dekat Simpang Diklat menuju ke rumah, korban dihentikan oleh orang tidak dikenal, lalu meminta tolong di antarkan ke daerah Tinggam, untuk menjemput sepatu bola ke rumah temannya.

Selanjutnya, kendaraan dikenderai oleh pelaku, sedangkan korban dibonceng di belakang dan dibawa menuju Tinggam berputar-putar. Pada saat sepi, pelaku menjatuhkan rokoknya dan meminta korban untuk mengambil rokok yang terjatuh itu.

Saat itu lah pelaku melakukan aksinya, ketika korban (Agung) turun mengambil rokok, pelaku langsung melarikan sepeda motor miliknya. "Berdasarkan laporan itu maka Jumat (14/2) malam pelaku berhasil kita tangkap," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri