Klakson Mobil Selamatkan Adriansyah dan Keluarga dari Longsor Bukit Mangkirai

Rumah Adriansyah yang Dihantam Longsor
Rumah Adriansyah yang Dihantam Longsor (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Bencana tanah longsor menghantam sebuah rumah di kaki Bukit Mangkirai, Jorong Subarang Tigo Jorong, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Agam -Sumbar pada Jum'at 14 Februari 2020, pukul 20.00 WIB.

Rumah itu dihuni Adriansyah bersama istri dan dua anaknya.

baca juga: Keran Ekspor Kembali Dibuka, Petani Manggis di Agam Gembira

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengikis tebing setinggi 4 meter, tebing yang goyah, lantas meluncur ke bawah menghantam rumah berukuran 7x5 milik keluarga kecil tersebut.

Adriansyah, sama sekali tak menduga rumahnya akan tertimpa bencana, sebab ia sudah bertahun-tahun tinggal aman di rumah bertipe permanen itu.

baca juga: Jalur Kelok 44 Sudah Bisa Dilewati

"Saat itu saya tengah santai di rumah, anak-anak lagi makan. Hujan memang tengah deras,"sebutnya, Sabtu 15 Februari 2020.

Lalu, terdengar suara klakson panjang dari sebuah mobil. Karena suara itu lumayan berisik, salah seorang anak Adriansyah, bergegas keluar.

baca juga: Ambil Layang-layang Putus di Rumah Warga, Tukang Parkir Tersengat Listrik di Simpang Alai Padang

"Tentu saya iringi dia keluar, tak sengaja saya menengok ke jendela samping, samar-samar saya melihat pohon diatas tebing bergerak turun dan mulai terdengar suara gemuruh,"ceritanya.

Sadar itu adalah gelagat tak baik, sopir angkot itu lantas membawa anak istrinya menjauh dari rumah, hampir bersamaan waktunya, tebing bergerak itu menjebol dinding rumahnya, material lumpur berkumpul persis di tempat ia dan keluarganya tengah berkumpul malam itu.

baca juga: Stok Darah Semakin Berkurang, PMI Padang Imbau Masyarakat Tidak Takut Donor

"Sampai saat ini saya tak tahu siapa yang membunyikan klakson itu, seakan itu adalah peringatan tanda bahaya,"jelasnya.

Akibat kejadian itu, rumahnya menderita rusak berat, sementara tebing itu masih mengancam, sewaktu-waktu longsor masih bisa berlanjut.

Adriansyah sekeluarga selamat dari kejadian yang nyaris fatal tersebut, namun untuk sementara, ia mesti mengungsi di tempat sanak saudaranya karena rumahnya tak lagi layak huni.

Saat ini, material longsor berupa lumpuh sudah diangsur membersihkannya, setelah TNI, Polri, BPBD maupun warga lokal berjibaku mengevakuasi material.

Pembersihan lanjutan akan dilakukan menggunakan alat berat, terutama bagian dinding luar rumah yang masih didekap lumpur bercampur tanah.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri