Tinjau Kesiapan Main Stadium Padang Pariaman, Wagub Sumbar: Pengerjaan Sudah 86 Persen

Wagub Sumbar Nasrul Abit Meninjau Main Stadium Padang Pariaman, Senin, 17 Februari 2020
Wagub Sumbar Nasrul Abit Meninjau Main Stadium Padang Pariaman, Senin, 17 Februari 2020 (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meninjau kesiapan pembangunan Main Stadium yang berlokasi di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman yang akan menjadi lokasi pembukaan MTQ Nasional XXVIII pada 22 Agustus 2020, Senin (17/2).

"Kita meninjau kesiapan penyelesaian main stadium ini dalam rangka menyambut MTQ pada 22 Agustus mendatang. Dari peninjauan kita sudah berapa kemajuan dalam penyelesain fisik stadion yakni tribun yang akan dipakai pada pelaksanaan nantinya," ujar Nasrul Abit didampingi Sekdaprov Sumbar, Alwis dan berapa pejabat terkait saat peninjauan.

baca juga: Sekda Sumbar: LGBT, Stunting dan COVID-19 Bisa Dijadikan Program PKK!

Lebih lanjut kata Nasrul saat ini progres pengerjaan main stadium sudah sekitar 86 persen untuk pembukaan MTQ nasional.

"Jadi untuk tribun A, B, C akan selesai sebelum pembukaan MTQ. Yang belum bisa D bagian timur, insyaallah agustus dapat selesai. Terpenting lapangan sepakbola nanti bisa dipakai untuk pembukaannya," katanya.

baca juga: Kunjungi Daerah Terisolir di Kabupaten Solok, Nasrul Abit Janji Sejahtera Warga Garabak Data

Namun kata Nasrul lapangan sepakbola belum ditanami rumput, karena sesuai permintaan event organizer akan ada tarian massal ketika pembukaan, karena jika ditanami rumput bisa hancur nanti.

"Jadi begitu selesai MTQ pada 28 Agustus. Maka penanaman rumput dapat dilakukan karena kedepan bisa dilaksanakan juga pertandingan sepakbola disini,"tuturnya.

baca juga: Nasrul Abit Sebut Kesiapan Mental Atlet PON XX untuk Jago Tanding Harus Dijaga

Ditambahkannya, diawal nanti dapat dilakukan barangkali kompetisi sepakbola menggunakan stadion ini. Sehingga, stadion ini bermanfaat bagi masyarakat Sumbar.

"Kita harap ini menjadi stadion terbaik di Sumbar saat ini, total daya tampung 50 ribu," ulasnya.

baca juga: Pemprov Sumbar Tanggung Biaya Swab Orang Keluar Masuk Sumbar, Ini Kategorinya!

Sedangkan untuk jalannya kata Nasrul, tahun ini sudah ditender, akhir bulan akan diketahui pemenang dan buat kontraknya. Harapan perjuli persiapan sudah dapat selesai semua karena pembukaan agustus.

Kemudian untuk pengelolaan main stadium ini akan dibicarakan lagi, tentunya akan menjadi aset Pemprov terlebih dahulu.

"Tapi tidak menutup kemungkinan nanti pengelolaannya bisa kita cari pihak ketiga, bisa swasta karena tidak mungkin pemerintah terus mengelola terus. Jika dapat ini bisa dipakai untuk komersil, karena yang terpenting main stadium ini dirawat sehingga jadi ikon Sumbar di samping Masjid Raya Sumbar," tukasnya.

Sedangkan untuk penamaannya stadium, jika stadion hanya untuk sepakbola karena pengunaannya nanti tidK hanya untuk sepakbola.

"Untuk nama sudah final. Ada di RPJMD, namun kita belum ada rencana untuk menamainya dengan nama khusus seperti nama pahlawan. Tetapi, kalau ada permintaan masyarakat barangkali perlu dipertimbangkan juga," pungkasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir